Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Dunia: Akhiri Kemiskinan Butuh Pertumbuhan Lebih Besar

Warta Ekonomi -

WE Online - Untuk mengurangi kemiskinan, negara-negara perlu meningkatkan pertumbuhan dengan kebijakan yang mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk masyarakat miskin ekstrim, menurut sebuah laporan baru Bank Dunia yang dirilis pada Kamis.

"Pertumbuhan ekonomi menjadi vital untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kehidupan banyak orang miskin," kata Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim pada sebuah pengantar untuk laporan yang dirilis tersebut.

"Tetapi kalau ini migrasi massal penduduk pindah dari kemiskinan menuju kemakmuran benar-benar mengumpulkan kekuatan, kita perlu pertumbuhan yang inklusif, menciptakan lapangan kerja dan membantu kaum miskin secara langsung," kata Kim.

Laporan itu mengatakan, pertumbuhan saja tidak mungkin untuk mengakhiri kemiskinan ekstrim pada 2030, tujuan yang ditetapkan oleh Bank Dunia pada pertemuan musim semi tahun lalu, karena penurunan kemiskinan ekstrim, pertumbuhan sendiri cenderung untuk mengangkat sedikit orang keluar dari kemiskinan.

Laporan ini mencatat bahwa di negara-negara dengan ketimpangan pendapatan meningkat, pengaruh pertumbuhan terhadap kemiskinan telah melemah atau bahkan berbalik. Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa di negara-negara di mana kesenjangan turun, penurunan kemiskinan karena tingkat pertumbuhan yang lebih besar.

Berdasarkan tujuan Bank Dunia untuk mengakhiri kemiskinan ekstrim, mereka yang berpenghasilan kurang dari 1,25 dolar AS per hari, pada 2030, jumlah orang sangat miskin akan berkurang 50 juta orang setiap tahun atau satu juta orang setiap minggunya. (Ant)

Foto : wikipedia.org

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: