Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Disdikpora DIY Optimis Target Kelulusan Siswa 100 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Yogyakarta - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) optimis kelulusan siswa SMA/MA dan SMK pada Ujian Nasional (UN) 2014 mencapai 100 persen.

"Untuk tahun ini, kami menargetkan 100 persen karena selalu ada peningkatan tren kelulusan dari tahun ke tahun," kata Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji di Yogyakarta, Kamis (10/4/2014).

Menurut Aji, Disdikpora DIY lebih optimis karena sejak awal tahun telah memberikan pelatihan intensif kepada sekolah untuk membenahi kelemahan sekolah masing-masing.

"Misal, SMA tertentu yang tahun lalu jelek nilai matematikanya, kami beritahukan solusinya agar dapat menggembleng muridnya secara khusus. Kelemahan itu bisa disebabkan peralatan pengajaran yang tidak lengkap atau kompetensi guru," jelasnya.

Namun, pihaknya tetap tidak memaksakan kepada sekolah agar hasil UN yang dilaksanakan pada 14 April 2014 mendatang harus memenuhi target kelulusan 100 persen.

"Kami tidak pernah mengharuskan 100 persen. Tidak ada sanksi apa-apa bagi kepala sekolah apabila ada muridnya yang tidak lulus," katanya.

Aji mengatakan kelulusan harus benar-benar mampu mengukur kompetensi siswa sehingga bagi siswa yang masih membutuhkan pendidikan karena belum memiliki nilai yang baik tidak perlu dipaksakan lulus.

"Siswa pun tidak perlu panik. Kerjakan apa adanya. Tidak perlu mencari bocoran karena tidak mungkin terjadi sebab ada 20 tipe soal yang berbeda-beda bagi tiap-tiap siswa," tegasnya. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: