Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hadapi MEA 2015, Kaltim Kembangkan Komoditas Unggulan

Warta Ekonomi -

WE Online, Samarinda - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) akan mengembangkan komoditas unggulan serta mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 sebagai integrasi ekonomi negara-negara ASEAN.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di Samarinda, Kamis (10/4/2014), mengatakan bahwa pada 2015 kawasan ASEAN akan menjadi pasar terbuka yang berbasis produksi tempat aliran barang, jasa, dan investasi akan bergerak bebas.

"Di sini, tingkat keunggulan komparatif dan kompetitif yang berbeda antara negara ASEAN akan berpengaruh dalam menentukan manfaat MEA 2015 tersebut," ungkapnya.

Dalam konteks ini, Kaltim harus terlebih dahulu mengambil kesempatan dan berperan aktif serta mempersiapkan diri menghadapi integrasi perekonomian dengan meningkatkan potensi pasar domestik dengan mendorong daya saing dan nilai tambah sumber daya alam (SDA).

Kesiapan pengembangan industri berbasis agroindustri sebagai unggulan Kaltim yang didukung infrastruktur berkualitas perlu menjadi target utama pembangunan lima tahun ke depan. Keberhasilan menyediakan SDM berkualitas menjadi faktor kunci keberhasilan memenangkan persaingan pada level regional, nasional, dan dunia.

"Tidak hanya mengembangkan kawasan industri dan komoditi unggulan, kami juga sudah dan akan terus mempersiapkan SDM untuk menyongsong bonus demografi pada 2045. Melalui program beasiswa Kaltim Cemerlang, setiap tahun kami memberikan biaya pendidikan gratis kepada puluhan ribu putra-putri daerah ini yang diprogramkan hingga 2018," jelasnya.

Pembangunan ekonomi daerah di era otonomi menghadapi berbagai tantangan, baik internal maupun eksternal, seperti halnya masalah kesenjangan dan iklim globalisasi. (Ant)

Foto: pajak.go.id

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: