Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Suswono: Investasi Pertanian Kurang Diminati

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Pertanian Suswono mengungkapkan realisasi investasi di sektor pertanian sangat kecil. Berdasarkan data Badan Pusat Statisik (BPS), dalam lima tahun terakhir investasi di sektor pertanian baru mencapai Rp 37,7 triliun atau sekitar 9,6% dari total penanaman modal dalam negeri (PMDN). Sedangkan, investasi asing juga minim hanya sebesar 5,7% dari total penanaman modal asing (PMA). Kondisi tersebut sangat memprihatinkan karena sektor pertanian bisa menciptakan 38% lapangan kerja sekaligus penyedia bahan baku bagi industri.

Lebih lanjut, Suswono mengatakan bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan pemerintah daerah adalah memprioritaskan peremajaan perkebunan rakyat yang memiliki produktivitas rendah.

"Perkebunan-perkebunan rakyat ini relatif masih belum produktif. Produktivitasnya masih rendah. Kalau ada suntikan modal tentu saja akan memberikan peningkatan produksi yang signifikan," kata Suswono dalam pembukaan "Apkasi International Trade and Investment Summit (AITIS) 2014" di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, (14/4/2014).

Selain investasi perkebunan, politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga menyebutkan sektor peternakan tidak kalah menjanjikan seperti peternakan sapi, pakan ternak, vaksin, hingga pengadaan pupuk organik berbahan dasar kotoran ternak.

(Boyke P. Siregar)

Foto: Sufri Yuliardi

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: