Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

CommVault Dorong Pengelolaan Data Cerdas di Era 'Platform Ketiga'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Direktur Perusahaan Bidang Asia Pasifik CommVault Systems Mark Bentkower mendorong organisasi/perusahaan di Asia Pasifik untuk mengelola data secara cerdas di era platform ketiga. Ia juga memberi rekomendasi bagi organisasi/perusahaan tersebut, yaitu (1) pengembangan strategi pengelolaan data yang efektif, (2) pengoptimalan lapisan penyimpanan, dan (3) pemastian perlindungan data.

Pengembangan strategi pengelolaan data yang efektif dapat dilakukan dengan identifikasi data yang harus disimpan atau dibuang dan jika data disimpan perlu ditentukan lokasi penyimpanannya. Selain itu, penyimpanan berbasis cloud memerlukan strategi pengelolaan data yang memberikan perlindungan lengkap, menjaga kinerja tetap optimal baik untuk waktu back up  maupun kinerja aplikasi, dan mengontrol aset data baik saat data dalam kondisi "bergerak" atau "diam".

Pengoptimalan lapisan penyimpanan bisa dilakukan dengan membuat kebijakan pengelompokan tempat dan jenis platform untuk menyimpan data sehingga bisa mengurangi biaya. Kini, ada lebih banyak pilihan platform penyimpanan sekunder. Contohnya, penyimpanan cloud bisa menjadi pilihan penyimpanan sekunder yang makin layak dengan keuntungan yang sama dalam hal efisiensi biaya, namun dengan data akses yang lebih mudah. Bahkan dalam tingkatan cloud, ada peluang untuk mengkategorikan data ke infrastruktur publik atau pribadi berdasarkan status dan karakter masing-masing data.

Sedangkan, pemastian perlindungan data mampu dilakukan dengan menggunakan solusi pengelolaan data yang fleksibel dan skalabel  dalam otomatisasi perlindungan data, recovery, dan proses pengarsipan sehingga memungkinkan pengelolaan berbasis kebijakan biaya di seluruh aset internal dan eksternal TI. Hal ini akan menghasilkan kebijakan pengelolaan data efektif yang mengoptimalkan platform penyimpanan dan memastikan perlindungan data sebaik-baiknya.

(Cahyo Prayogo)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: