Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

AS Pinjamkan Jaminan US$ 1 M untuk Ukraina

Warta Ekonomi -

WE Online, Washington - Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) pada Senin (14/4/2014) menandatangani perjanjian jaminan pinjaman sebesar US$ 1 miliar untuk Ukraina sebagai bagian dari upaya internasional yang dipimpin oleh Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) untuk mendukung perekonomian negara itu.

Menteri Keuangan AS Jacob Lew mengumumkan penandatanganan setelah pertemuan dengan Menteri Keuangan Ukraina Oleksandr Shlapak di Ukraina.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada Menteri Shlapak atas kemajuan ia dan timnya yang telah meletakkan program reformasi ekonomi komprehensif bersama-sama dengan IMF pada tempatnya. Amerika Serikat sangat ingin melihat Ukraina makmur dan kami akan terus berdiri dengan warga Ukraina ketika mereka bergerak maju untuk mewujudkan aspirasi yang lama mereka pegang," kata Lew.

Kongres AS awal bulan ini mengeluarkan undang-undang untuk memberikan bantuan ekonomi kepada Ukraina. Jaminan pinjaman US$ 1 miliar merupakan bagian dari paket bantuan bilateral AS yang juga mencakup bantuan teknis untuk membantu Ukraina kembali ke jalur pemulihan ekonomi.

Sementara itu, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan Ukraina telah membuat kemajuan yang baik dalam melaksanakan tindakan kebijakan dan penyelesaian tindakan merupakan prasyarat untuk pertimbangan program dana talangan (bailout) oleh dewan eksekutif IMF. Ia berharap dewan IMF segera mempertimbangkan hal ini dalam beberapa minggu mendatang.

IMF mencapai kesepakatan tingkat staf dengan pihak berwenang Ukraina pada akhir Maret tentang program pinjaman dua tahun. Perjanjian ini tunduk pada persetujuan dari manajemen IMF dan dewan eksekutif. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: