Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Empat Daya Tarik Aceh untuk Tujuan Investasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Investasi merupakan salah satu komponen penting dalam perekonomian. Untuk itu, dibutuhkan tujuan yang jelas, nyata, dan realistis. Hal tersebut akan membuat investor mempunyai pegangan dasar untuk berinvestasi.

Hal itu disampaikan Gubernur Aceh Zaini Abdullah dalam "Business Forum: Go West Invest in Aceh" yang diselenggarakan oleh Soegeng Sarjadi Syndicate di Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Hadir dalam diskusi itu Gubernur Aceh Zaini Abdullah, Kepala Staf Angkatan Darat Republik Indonesia Budiman, para duta besar negara sahabat, serta Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Suryo Bambang Sulisto.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan Aceh termasuk dalam wilayah program Masterplan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) hingga 2025 yang memproyeksikan Aceh sebagai koridor ekonomi Sumatera. Hal itu memberikan gambaran jelas tentang prospek investasi yang bisa dikembangkan di Aceh sehingga kalangan dunia usaha mulai mencari ancang-ancang untuk mengembangkan investasi di Aceh.

Menurutnya, ada empat kekuatan utama Aceh untuk dijadikan sebagai tujuan utama berinvestasi. Pertama, letak geografis Aceh yang sangat strategis di pintu Selat Malaka.

"Letak geografis ini sangat menguntungkan karena dekat dengan pasar-pasar potensial di Asia, Afrika, Timur Tengah, dan juga Benua Australia," katanya.

Kedua, Aceh sendiri memiliki undang-undang (UU) dan peraturan khusus yang pro-investasi. Antara lain, UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh yang memberi kewenangan kepada Aceh dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Ketiga, Aceh memiliki kawasan pelabuhan bebas Sabang tempat kawasan ini menjadi pusat investasi ideal di masa depan. Keempat, Aceh memiliki sumber daya alam (SDA) yang cukup besar. Berbagai komoditas mudah sekali didapatkan di Aceh, seperti komoditas pertanian, sumber daya laut, dan sumber daya mineral.

"Dengan fasilitas semua itu, kami dengan penuh percaya diri menawarkan fasilitas dan kebijakan investasi terbaik kepada para investor untuk membuka usaha di Aceh," imbuhnya.

(Boyke P. Siregar)

Foto: BS

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: