Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kementerian BUMN Instruksikan Lepas Saham Bank BTN

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana melepas kepemilikan saham PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) yang akan diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 21 Mei 2014.

"Surat dari Deputi BUMN Bidang Jasa Keuangan sudah kami terima. Keputusannya kamii serahkan sepenuhnya kepada pemegang saham," kata Direktur Utama (Dirut) BTN Maryono di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Maryono menyebutkan dirinya belum dapat menjelaskan detail dari surat yang dimaksud karena harus menunggu arahan dari Kementerian BUMN selaku kuasa pemegang saham BTN.

"Tunggu saja pernyataan dari Kementerian BUMN yang memiliki domain soal BTN," ujarnya.

Saat ini, santer isu bahwa Bank BTN yang merupakan bank khusus penanganan biaya kredit perumahan tersebut akan diakuisisi oleh PT Bank Mandiri Tbk. Wacana akuisisi BTN juga sudah pernah bergulir pada tahun 2006. Ketika itu pihak yang disebut-sebut berminat adalah PT Bank BNI Tbk.

Terkait dengan hal itu juga muncul sejumlah indikasi di publik bahwa rencana penjualan saham BTN erat hubungannya dengan pelaksanaan Pemilu 2014 soal kebutuhan dana oleh partai-partai tertentu.

"Soal itu saya tidak komentar. Internal BTN tidak mempunyai kewenangan apa-apa soal itu," kilahnya.

Mantan Dirut Bank Century itu hanya mengatakan direksi BTN saat ini fokus menjalankan transformasi usaha.

"Transformasi BTN dalam rangka melakukan perubahan dan pengembangan sehingga betul-betul menjadi market leader (pemimpin pasar) di bidang pembiayaan perumahan," pungkasnya. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: