Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi-Kalla Tertinggi Pada Simulasi PSPK Unpad

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandung - Pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla memperoleh nilai tertinggi pada simulasi calon presiden dan wakil presiden yang dirilis Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.

Penilaian para kandidat pada simulasi yang bertemakan "Analisis Implementasi Agenda HAM dalam Pemilu 2014", Selasa (15/4/2014) itu ditinjau dari sisi Hak Asasi Manusia (HAM).

"Simulasi ini dilihat dari sembilan indikator yang berkaitan dengan HAM," kata Ketua PSPK Unpad Dr Muradi di Bandung, Rabu Menurut dia sembilan indikator itu antara lain rekam jejak calon presiden, rekam jejak calon wakil presiden, ideologi partai penyokong utama dan pendukung serta program capres dan cawapres.

"Selain itu ada juga indikator lain seperti komitmen menuntaskan kasus HAM masa lalu, penguasaan isu HAM, citra baik internasional capres dan cawapres, serta relasi dengan komunitas HAM," kata Muradi.

Untuk masing masing indikator Muradi memberi satu poin untuk nilai tertinggi dan nol poin untuk nilai terendah.

Selain simulasi pasangan Jokowi dan Jusuf Kalla yang memiliki nilai tertinggi juga ada empat pasang simulasi calon lain yakni Machfud MD-Ahmad Heriawan , Aburizal Bakrie-Pramono Anung, Prabowo-Hatta Rajasa, dan Wiranto-Hari Tanoe.

Menurut Simulasi PSPK ini masing masing pasangan itu meraih posisi kedua hingga kelima.

"Simulasi ini sifatnya berubah-ubah tergantung kepada dinamika politik yang terjadi," kata Muradi.

Lebih lanjut, Muradi simulasi itu dirilis PSPK berdasarkan berbagai aspek salah satunya adalah pemberitaan media. Ia menyebutkan semakin besar skor yang diraih masig-masing calon, maka semakin besar pula agenda penguatan HAM. (Ant)

Foto: luwuraya.net

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: