Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah RI: Ekonomi Indonesia Paling Stabil untuk Investasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mencatat pertumbuhan ekonomi yang dinilai paling stabil dalam beberapa tahun terakhir, meski berada di pusaran krisis global.

Sebagaimana dikutip dari buku Satu Dasawarsa Membangun untuk Kesejahteraan Rakyat terbitan Sekretariat Kabinet, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2013 berkisar pada angka yang tidak terlalu jauh dari enam persen setelah pada 2012 menjadi peringkat kedua di dunia setelah Tiongkok dengan pertumbuhan sebesar 6,23 persen.

Perekonomian yang stabil telah mendorong investor menanamkan modalnya di Indonesia, baik dari penanaman modal asing (PMA) maupun penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Sejak 2009 nilai investasi Indonesia terus mengalami peningkatan dan tercatat sebesar Rp 135 triliun. Nilai investasi naik menjadi Rp 208,5 triliun pada 2010, Rp 250 triliun pada 2011, Rp 312 triliun pada 2012, dan 2013 mencapai Rp 398,6 triliun.

Selain itu, tiga lembaga pemeringkat internasional juga mengakui iklim investasi Indonesia kondusif dan laik investasi. Pada Juni 2013 Moody's menaikkan prospek peringkat utang Indonesia dari stabil menjadi positif pada level Baa3. Kemudian, The Fitch mempertahankan peringkat Indonesia pada level BBB dengan prospek stabil. Selanjutnya, Japan Rating Agency mempertahankan peringkat investasi Indonesia pada BBB dengan prospek stabil.

Pertumbuhan ekonomi yang positif juga didorong peningkatan produk domestik bruto (PDB) dari Rp 2.295 triliun pada 2004 menjadi Rp 8241 triliun pada 2012 atau meningkat 300 persen. Kemudian pada 2013 PDB Indonesia tercatat Rp 9.084 triliun.

Lembaga riset internasional McKinsey Global Institue memperkirakan Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi nomor tujuh di dunia pada 2030. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: