Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenkop Nilai Perlu Skim Kur Wirausaha Pemula

Warta Ekonomi -

WE Online - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram menilai perlu ada skim Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dikhususkan bagi wirausaha pemula dengan persyaratan yang disederhanakan.

"Artinya ada perlakuan khusus misalnya penghilangan syarat kolateral dan pemberian subsidi bunga untuk wirausaha pemula," kata Agus Muharram di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan hal itu perlu dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program penciptaan wirausaha baru menjelang pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Selama ini KUR dinilainya belum terlampau menyentuh sektor usaha mikro termasuk wirausaha pemula karena sebagian besar dari pelaku usaha itu belum mampu memenuhi syarat kelayakan usaha yang diwajibkan perbankan.

"Persyaratan usaha berlaku bagi usaha yang cash flow-nya sudah berjalan dengan baik. Sedangkan calon wirausaha pemula belum mempunyai modal untuk usaha padahal bisa saja usahanya layak dan potensial," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan skim khusus untuk pemberian modal awal bagi calon wirausaha pemula.

Pihaknya sendiri sudah memberikan "seed capital" kepada calon wirausaha pemula melalui program Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) setiap tahunnya.

"Tapi ini kan jumlahnya masih terbatas, kami berharap ini bisa direplikasi pihak lain sehingga jangkauannya bisa lebih luas," katanya.

Menurut Agus jika diperlukan perbankan dan pihak lain harus mulai sadar untuk terlibat dalam penciptaan wirausaha baru termasuk memberikan pelatihan gratis bagi calon wirausaha baru. (Ant)

Foto : SY

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: