Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Uni Eropa Pangkas Pemakaian Kantung Plastik 80%

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE ONLINE, strasbourg - Parlemen Eropa meloloskan peraturan guna memangkas penggunaan kantung plastik sekali pakai sampai 50% pada 2017 dan 80% dua tahun kemudian.

Peraturan yang lolos ke Parlemen Eropa Rabu (16/4/2014) waktu setempat itu memberikan keleluasaan kepada masing-masing negara untuk memilih strategi yang mereka tempuh. Misalnya mengenakan pajak untuk pemakaian kantong plastik atau melarang penggunaannya.

Para menteri Uni Eropa akan memperdebatkan undang-undang tersebut pada Juni mendatang dan parlemen akan membahasnya lagi akhir tahun ini. Selanjutnya, akan dilakukan pemungutan suara untuk meloloskan undang-undang tersebut pada bulan Mei.

Sekitar 100 triliun kantong plastik digunakan setiap tahun di Uni Eropa dan diperkirakan 8 triliun menjadi sampah yang dibuang ke laut di Benua Biru itu.

Menurut data dari Komisi Eropa, perut 94% burung-burung di Laut Utara berisi plastik.

Kelompok lingkungan menyambut baik peraturan tersebut. Sikap sebaliknya ditunjukkan kalangan  perwakilan industri plastik di Eropa.

"Limbah kantong plastik membunuh jutaan hewan laut setiap tahunnya. Ini menjadi masalah besar di seluruh Eropa dan yang harus kita atasi besama-sama,” kata Chris Davies, juru bicara Lingkungan Eropa Liberal Demokrat, seperti dikutip VOA, Kamis (17/4/2014).

Karl-H. Foerster, direktur eksekutif asosiasi perdagangan PlasticsEurope, mengatakan Eropa membutuhkan manajemen pengolahan limbah yang lebih baik daripada peraturan baru.

"Pelarangan kantong plastik bukan solusi untuk menangani masalah pembuangan yang tidak bertanggungjawab," ujarnya seraya menambahkan bahwa membiarkan setiap negara memutuskan peraturannya sendiri akan merugikan pergerakan bebas barang-barang di Eropa.

Menurut data Komisi Eropa penggunaan kantong platik bervariasi di negara anggota Uni Eropa. Di Denmark, yang mengenakan pajak bagi penggunaan kantong plastik, rata-rata setiap orang menggunakan empat kantong plastik sekali pakai setiap tahunnya, angka terendah di Uni Eropa. Adapun 466 kantong plastik digunakan per orang di Portugal, Polandia, dan Slovakia.

[email protected]

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Nurcholish MA Basyari

Advertisement

Bagikan Artikel: