Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK: Industri Pasar Modal Siapkan Diri Sambut MEA 2015

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta -Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida mengatakan indusri pasar modal Indonesia sedang mempersiapkan diri jelang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 mendatang.

"MEA untuk pasar modal targetnya pada 2015 persiapannya sudah jalan. Salah satu pembicaraan, yakni tentang integrasi pasar modal ASEAN, yakni Exchange Linkage," katanya di Jakarta, Kamis (17/4/2014).

Nurhaida mengemukakan bahwa di kawasan ASEAN terdapat lima pasar modal yang berkembang, tiga di antaranya tergabung dalam exchange linkage, yakni Singapura, Malaysia, dan Thailand. Ia mengatakan pasar modal Indonesia belum tergabung di dalam Exchange Linkage karena masih ada beberapa hal yang menjadi kendala jika terjadi permasalahan di pasar modal ASEAN.

"Kami ingin mempelajari terlebih dahulu jika terjadi dispute. Itu penting untuk ke depannya," katanya.

Nurhaida menambahkan kendala integrasi pasar modal ASEAN lainnya, yakni terkait dengan peraturan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO). Ia mengemukakan bahwa di dalam pelaksanaan IPO terdapat prospektus yang harus disampaikan ke publik. Di dalam prospektus itu tercantum laporan keuangan yang ditandatangani oleh auditor emiten yang tercatat di OJK.

"Sementara kalau prospektusnya diterbitkan emiten luar negeri, tentu auditornya juga dari luar negeri dan itu tidak tercatat di OJK. Hal itu tidak sesuai dengan UU OJK. Dengan demikian, kita harus mengubah UU-nya, itu yang menjadi kendala," jelasnya. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: