Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Impor Sapi Naik 50 Persen Kuartal II

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Impor sapi hidup pada kuartal II-2014 akan naik sekitar 50 persen dibanding kuartal sebelumnya sebagai antisipasi melonjaknya permintaan dalam negeri jelang Idul Fitri dan Adha.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi Bachrul di Jakarta, Kamis (17/4/2014), di sela pertemuan Kemitraan Indonesia-Australia tentang Ketahanan Pangan mengatakan izin impor yang akan diterbitkan pada kuartal II untuk sapi bakalan mencapai 200 ribu ekor dan sapi potong 80 ribu ekor.

"Kami naikkan sekitar 50 persen dari 130 ribu pada kuartal I untuk sapi bakalan dan 26 ribu untuk sapi potong," ungkapnya.

Bachrul mengatakan kenaikan jumlah Surat Persetujuan Impor (SPI) hingga 50 persen itu cukup diperlukan, meski pada kuartal I realisasi impor sapi, baik bakalan dan sapi potong tidak mencapai 100 persen.

"Harus dinaikkan di kuartal II untuk antisipasi Idul Fitri, tapi nanti akan turun kembali di kuartal III," jelasnya.

Menurutnya, untuk impor sapi bakalan realisasinya kini sudah 89 persen dari 130.245 ekor pada SPI yang diberikan kepada 35 perusahaan.

"Memang ada kesulitan di kapal, tapi kan sudah diperpanjang. Jika tidak salah diperpanjang tiga minggu dan kini sudah 89 persen," tegasnya.

Sedangkan, untuk sapi siap potong realisasinya baru mencapai 64 persen. Jumlah impor sapi siap potong yang baru mencapai 64 persen karena importir kini lebih selektif membeli sapi dari Australia. Kebutuhan sapi untuk domestik Indonesia ditopang 15 hingga 20 persen melalui impor dari Australia.

Pada tahun ini pasokan impor sapi bakalan dan sapi siap potong akan mencapai 750 ribu ekor atau setara 120 ribu ton daging.

(Ant)

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: