Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KPDT Targetkan Desa Jadi Subjek Pembangunan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT) menargetkan desa tertinggal menjadi subjek pembangunan dengan cara mengalokasikan sejumlah dana melalui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015.

"Sebanyak 73 ribu desa di Tanah Air pada RAPBN 2015 akan mendapat dana sebesar Rp 1,3 miliar per tahun per desa," kata Inisiator Perdesaan Sehat KPTD Hanibal Hamidi di Jakarta, Jumat (18/4/2014).

Hanibal mengatakan kucuran dana ini merupakan implementasi dari disahkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Sebelumnya, rencana penyaluran dana ke sejumlah desa tertinggal juga disampaikan pada diskusi "Masa Depan Desa Indonesia" yang diselenggarakan Merdesa Institut di Jakarta pada Rabu (16/4/2014).

Dalam diskusi tersebut Direktur Pascasarjana IPDN Khasan Effendy mengatakan sumber daya manusia (SDM) desa untuk mengelola dana sebesar itu harus dipersiapkan dengan matang. Perputaran dana tidak lagi hanya di ibukota, tetapi mulai beralih ke kabupaten dan desa. Desa akan mempunyai kekuatan politik dan jabatan kepala desa akan menempati posisi penting dalam konteks pemerintah terendah.

"Desa diharapkan tidak lagi menjadi objek pembangunan, tetapi menjadi subjek pembangunan. Desa merupakan sumbu reformasi tingkat desa," ujar Khasan.

Lebih lanjut, Khasan mengatakan kepala desa akan menjadi pejabat publik yang mengurusi rakyatnya. Hanibal Hamidi lebih jauh mengatakan adanya sumber dana di desa merupakan peluang besar untuk melakukan percepatan pembangunan kualitas kesehatan berbasis pedesaan.

Diharapkan, dana yang cukup besar di desa tidak mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti akan banyak kepala desa menghadapi persoalan hukum dalam mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran negara.

(Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: