Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sepuluh Kota dengan Jumlah Miliuner Terbanyak (Bagian I)

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Salah satu indikator yang menunjukkan percepatan pertumbuhan ekonomi di suatu negara adalah jumlah miliunernya. Jumlah miliuner dapat menjadi patokan yang baik untuk iklim investasi serta permintaan dalam negeri. Berikut ini adalah sepuluh besar kota di dunia yang memiliki miliuner terbanyak pada tahun 2014.

1. London, Inggris
Jumlah miliuner: 339.200 orang

Pada tahun 2014 London menjadi kota dengan jumlah miliuner terbanyak di dunia. Dengan jumlah mencapai lebih dari 339.000 orang, pertumbuhan miliuner di ibu kota Inggris tersebut ditopang oleh meningkatnya harga rumah yang mencapai 12% di akhir tahun 2013. Peningkatan harga rumah menjadi sumber tumbuhnya miliuner karena lebih dari 40.000 properti dimiliki oleh orang-orang kaya di London. Bahkan, jumlah miliuner di London melebihi total populasi di Newcastle.

2. New York, Amerika Serikat
Jumlah miliuner: 300.100 orang

Sejak dekade yang lampau New York telah menjadi land of dream bagi para pengusaha dan pencari kerja. Maka, tak heran jika di akhir tahun 2013 jumlah miliunernya mencapai lebih dari 300.000 orang. Pertumbuhan pesat miliuner ini didukung oleh ketersediaan akses, seperti pusat bisnis, industri, dan pertumbuhan institusi finansial. Tak hanya itu, pesatnya permintaan akan apartemen serta perumahan mewah juga menjadi faktor pendorong pertumbuhan miliuner di New York. The big apple pun menyumbang 7% dari total miliuner Amerika Serikat.

3. Tokyo, Jepang
Jumlah miliuner: 226.500 orang

Kota pertama di Asia yang menjadi "rumah" bagi miliuner adalah Tokyo. Sebagai ibu kota dari negara yang menjadi salah satu pusat kekuatan ekonomi dunia, Tokyo pun memantapkan diri dengan jumlah miliuner yang mencapai lebih dari 220.000 orang di akhir tahun 2013. Miliuner yang menetap di Tokyo mayoritas berasal dari sektor finansial.

4. Singapore, Singapura
Jumlah miliuner: 225.000 orang

Singapura adalah negara yang menjadi hub di kawasan Asia Tenggara dan juga Asia pada umumnya. Maka, tak heran jika Negeri Singa ini telah berhasil memosisikan dirinya sebagai negara maju yang memiliki miliuner mencapai lebih dari 220.000 orang di akhir tahun 2013. Seperti halnya kota-kota yang memiliki banyak miliuner lainnya, kekayaan miliuner di Singapura pun berasal dari bisnis tradisional, yaitu perumahan dan institusi finansial. Menariknya, sejumlah miliuner Singapura berasal dari Indonesia, Malaysia, Filipina, dan India.

5. Hong Kong, Republik Rakyat Tiongkok
Jumlah miliuner: 164.500 orang

Di samping Singapura, hub Asia lainnya, yaitu  Hong Kong, juga menempati posisi lima besar kota dengan jumlah miliuner terbanyak di dunia. Dengan jumlah miliuner mencapai lebih dari 160.000 orang di akhir tahun 2013, Hong Kong memang menjadi kota yang populer sebagai pusat bisnis dan rekreasi di Asia. Mayoritas miliuner Hong Kong berasal dari industri perbankan dan pasar saham. Tak hanya itu, asal kekayaan lainnya juga adalah dari sektor properti karena Hong Kong sudah dikenal sebagai negara dengan harga sewa properti termahal di dunia.

(Dinda Purnamasari)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: