Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sepuluh Kota dengan Jumlah Miliuner Terbanyak (Bagian II)

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Salah satu indikator yang menunjukkan percepatan pertumbuhan ekonomi di suatu negara adalah jumlah miliunernya. Jumlah miliuner dapat menjadi patokan yang baik untuk iklim investasi serta permintaan dalam negeri. Berikut ini adalah sepuluh besar kota di dunia yang memiliki miliuner terbanyak pada tahun 2014.

6. Los Angeles, Amerika Serikat
Jumlah miliuner: 159.800 orang

Setelah New York, Los Angeles menjadi kota kedua di Amerika Serikat yang menjadi rumah bagi para miliuner. Tidak tanggung-tanggung, jumlah miliuner yang berasal dari kota ini mencapai lebih dari 150.000 orang. Tak diragukan lagi, keberadaan Hollywood menjadi sentral pendapatan pebisnis di sini. Karenanya, industri entertainment menjadi asal kekayaan para miliuner di kota ini. Mulai dari film hingga kasino menjadi bisnis utamanya.

7. Chicago, Amerika Serikat
Jumlah miliuner: 128.100 orang

Kota lain di Amerika Serikat yang berkontribusi dalam menghasilkan miliuner adalah Chicago. Dengan kontribusi sebesar 3% terhadap jumlah miliuner Amerika Serikat, Chicago berhasil menempati urutan ke-7 dunia. Chicago dikenal sebagai kota tua pusat ekonomi Amerika Serikat maka industri properti serta manufaktur menjadi sumber mayoritas kekayaan para miliuner di kota ini.

8. Frankfurt, Jerman
Jumlah miliuner: 120.000 orang

Selain properti, sektor finansial juga dikenal sebagai penghasil miliuner di dunia. Contoh nyatanya terlihat di Frankfurt. Dengan jumlah miliuner yang mencapai 120.000 orang di akhir tahun 2013, Frankfurt menjadi kota dengan jumlah miliuner per kapita tertinggi di dunia. Bagi Jerman, Frankfurt berkontribusi sebesar 15% dari total miliuner yang berada di negara ini.

9. Mexico City, Meksiko
Jumlah miliuner: 118.800 orang

Jika di kota-kota sebelumnya kekayaan miliunernya berasal dari sektor properti dan finansial, lain halnya dengan Mexico City. Industri pertambangan menjadi ladang bagi mayoritas miliuner di kota ini untuk mendapatkan kekayaan. Tidak tanggung-tanggung, lebih dari 70% populasi miliuner di Meksiko berasal dari ibu kotanya. Bahkan, beberapa studi memprediksi jumlah miliuner di Mexico City akan tumbuh sebesar 47% hingga tahun 2017.

10. San Francisco, Amerika Serikat
Jumlah miliuner: 112.700 orang

San Francisco menjadi kota terakhir yang menempati sepuluh besar kota di dunia dengan jumlah miliuner terbanyak. Hingga akhir 2013, jumlah miliuner di kota ini mencapai lebih dari 112.000 orang. Seperti halnya di kota-kota lain di Amerika Serikat, sektor yang menjadi sumber pendapatan terbesar para miliuner di San Francisco adalah perbankan. Hal tersebut tak perlu diragukan lagi karena kota ini merupakan pusat perbankan terbesar di Amerika Serikat. Tercatat, San Francisco berkontribusi sebesar 2% dari populasi miliuner di Amerika Serikat.

(Dinda Purnamasari)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: