Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dubes AS Robert Blake Akan Kunjungi Balikpapan

Warta Ekonomi -

WE Online - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert Blake dijadwalkan berkunjung ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada tanggal 21-22 April 2014.

"Agenda penting beliau adalah melawat ke Pondok Pesantren Al Mujahidin dan Pusat Rehabilitasi Orangutan di Samboja Lestari," kata Indar Juniardi, Senior Information Specialist - Public Affairs Section (PAS) Kedutaan Besar Amerika Serikat dalam penjelasan di Jakarta, yang diterima Antara di Balikpapan, Jumat.

Dijelaskan bahwa di pesantren terpadu Al Mujahidin pada Senin 21 April, Duta Besar Blake akan memeringati Hari Bumi bersama dengan para santri.

Dubes Blake, katanya, juga akan berdiskusi dengan para santri mengenai perubahan iklim, pelestarian alam dan keanekaragaman hayati, serta kerja sama antara Indonesia-Amerika Serikat dalam bidang lingkungan hidup.

Pesantren Al Mujahidin terletak di Km 10 Jalan Soekarno-Hatta. Pesantren ini dikenal sebagai lembaga pengajaran yang berafiliasi dengan Muhammadiyah. Para pengajar dan pengelolanya juga dikenal tegas. Kerap kali dalam setiap penentuan awal atau akhir Ramadan untuk merayakan Idul Fitri, misalnya, pesantren ini tak takut berbeda dari apa yang ditetapkan pemerintah.

Karena itu, sudah biasa bila warga Mujahidin berpuasa lebih dahulu dan merayakan Idul Fitri juga lebih dahulu.

Selanjutnya, pada Selasa 22 April, Dubes Blake akan mengunjungi Pusat Rehabilitasi dan Reintroduksi Orangutan Samboja Lestari di Samboja, Kutai Kartanegara, lebih kurang 50 km utara Balikpapan.

Sesuai namanya, di Samboja Lestari dipelihara orangutan (Pongo pygmaeus) untuk dilepasliarkan kembali ke alam bebas.

"Beliau ingin melihat bagaimana kegiatan konservasi orangutan di Kalimantan Timur selain juga untuk menunjukkan dukungan Amerika Serikat atas konservasi orangutan ini," kata Ardy, humas Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS), pihak yang mengelola Samboja Lestari.

Selain berkeliling ke fasilitas Samboja Lestari, Dubes Blake juga akan menanam pohon di kawasan yang pertama kali dibangun Dr Willie Smits itu.

Duta Besar Amerika Serikat sebelumnya, Scott Marciel, juga pernah berkunjung ke Balikpapan. Selain juga mengunjungi Samboja Lestari, Dubes Marciel saat itu mengapresiasi prestasi belajar dan mengajar para guru dan siswa SMKN 1 Balikpapan. (Ant)

Foto : vivanews

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: