Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendag Resmikan Pasar Percontohan Di Sumbar

Warta Ekonomi -

WE Online - Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi meresmikan Pasar Kumpulan dan Pasar Panti di Kabupaten Pasaman, Sumbar, yang merupakan pasar percontohan pertama di provinsi itu.

"Diharapkan dengan adanya dua pasar percontohan ini, kebutuhan masyarakat Pasaman dapat terpenuhi, ditunjang dengan harga yang relatif terjangkau," katanya di Pasaman, Kamis.

Dengan demikian, kata dia, stabilitas harga kebutuhan pokok dapat terjaga dan perputaran ekonomi Pasaman berkembang.

Lutfi mengatakan kedua pasar tersebut dibangun dengan Dana Alokasi Khusus dan Tugas Pembantuan 2013 dengan anggaran mencapai Rp6 miliar.

Dalam program kerjanya, Kementerian Perdagangan berkomitmen mempertahankan eksistensi dan daya saing peran pasar tradisional melalui revitalisasi pasar itu.

"Komitmen tersebut akan terus kita jaga untuk mengubah citra pasar dari kesan semrawut, kotor, dan tidak nyaman menjadi pasar yang tertata, tertib dan menyenangkan bagi pengunjungnya," kata dia.

Selain memperbaiki fisik pasar, revitalisasi juga bertujuan untuk mempercebat pembangunan di daerah. Pertumbuhan ekonomi di daerah akan memperkuat sektor perdagangan dan meningkatkan daya saing pasar domestik.

Kemendag akan terus melakukan pantauan terkait perkembangan program revitalisasi dua pasar di Pasaman tersebut.

Mendag menyebutkan hasil evaluasi terhadap kinerja 32 pasar percontohan di Indonesia menunjukkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan pedagang di pasar tersebut.

"Rata-rata peningkatan penghasilan mereka bisa di atas 70 persen dari sebelumnya," kata dia.

Untuk itu, program revitalisasi pasar tradisonal sangat mendukung upaya peningkatan kesejahteraan bagi pedagang dan kenyamanan bagi masyarakat sebagai pembeli. (Ant)

Foto : kemendag.go.id

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: