Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kunjungi Malaysia, Obama Tidak Temui Partai Oposisi

Warta Ekonomi -

WE Online, Washington-Presiden Amerika Serikat Barack Obama tidak berencana untuk bertemu dengan pemimpin oposisi Malaysia Anwar Ibrahim ketika dia berada di Kuala Lumpur pekan depan, meskipun para pejabat AS Jumat tidak menutup kemungkinan pertemuan pada tingkat lebih rendah.

Obama akan menjadi presiden AS pertama yang mengunjungi Malaysia hampir setengah abad ketika sentuhannya kepada negara itu turun pada 26 April.

Washington telah menyatakan keresahan mengenai apa yang dikatakan secara politik termotivasi tuduhan-tuduhan untuk menjaga pemimpin oposisi veteran itu keluar dari politik Malaysia.

Pada Maret, Pengadilan Banding Malaysia menjatuhkan keputusan Anwar tahun 2012 mengenai tuduhan-tuduhan sodomi dari perebutan kekuasaan pahit dengan lawannya saat itu, perdana menteri Mahathir Mohamad, pada 1990-an.

Anwar, 66, dijatuhi hukuman lima tahun penjara, tetapi saat ini bebas sambil menunggu banding ke Pengadilan Federal, badan hukum tertinggi di Malaysia.

Ditanya apakah Obama akan meluangkan waktu selama jadwalnya di Malaysia, termasuk makan malam kenegaraan dan pembicaraan dengan Perdana Menteri Najib Razak, penasehat keamanan nasional Susan Rice mengisyaratkan, dia tidak akan.

"Saya pikir presiden tidak mungkin melakukan pertemuan itu - mungkin ada keterlibatan lain pada tingkat yang lain," kata Rice.

Namun Obama akan mengadakan pertemuan di balai kota dengan apa yang dia sebut dengan para pemimpin muda dari seluruh Asia Tenggara dan akan bertemu dengan perwakilan masyarakat sipil di Kuala Lumpur.

Perjalanan Obama, yang dimulai di Jepang, juga termasuk singgah di Korea Selatan dan Filipina. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: