Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Nyapres, Pesanan Baju Kotak-kotak Jokowi Meningkat

Warta Ekonomi -

WE Online, Solo-Pesanan baju kampanye motif kotak-kotak Joko Widodo (Jokowi) pada para penjahit di Kota Solo melonjak drastis sejak pencalonan Gubernur DKI Jakarta itu menjadi calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

"Sejak Pak Jokowi menjadi calon presiden, pesanan baju motif kotak-kotak di 'Arjuna Tailor' Cinderejo, Gilingan, Banjarsari, Solo hingga kini terus meningkat," kata Rahmad Muharom (28), pengelola Arjuna Tailor di Solo, Sabtu (19/4/2014).

Menurut Rahmad yang penanggung jawab bagian produksi Arjuna Tailor tersebut, pesanan baju motif kotak-kotak kampanye Jokowi hingga kini sudah mencapai sekitar 2,5 juta potong dengan berbagai ukuran.

Pesanan baju kotak-kotak tersebut, kata dia, datang dari berbagai daerah antara lain, Jakarta, Papua, Kalimantan dan Jawa Tengah bahkan dari Arab Saudi sebanyak 150 potong.

"Pesanan tidak hanya dari tim sukses Jokowi tetapi juga perorangan. Perorangan memesan paling hanya sekitar 10 hingga 25 potong saja," katanya.

Namun, tim sukses Jokowi hingga kini sudah memesan baju motif kotak-kotak sebanyak dua juta potong.

Menurut dia, pesanan baju kanpanye motif kotak-kotak persiapan Pemilu Capres tahun ini mengalami peningkatan dibanding saat pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang hanya sekitar 60 ribu hingga 70 ribu potong.

"Kami diuntungkan dengan Pilpres ini karena pesanan atau pelangganannya lebih luas hingga ke luar Pulau Jawa dan luar negeri," katanya.

Ia menjelaskan, dengan 25 tenaga kerja atau penjahit, perusahaannya memiliki kapasitas produksi mencapai 500 potong per hari. Pesanan baju kotak-kotak diperkirakan akan diambil akhir Juni 2014 atau menjelang Pilpres mendatang.

Menurut dia, baju kotak-kotak kampanye untuk Pilpres motifnya berbeda dengan saat Pilgub DKI yakni warna merah dan abu-abu bahan kain katun, sedangkan sebelumnya warna kotaknya merah biru.

"Bahan baku kain katun dengan motif kotak-kotak warna merah abu-abu ini merupakan pesanan khusus dari perusahaan tekstil lokal Solo, dan tidak mungkin kainnya ada di pasaran," katanya.

Menurut dia, baju kotak-kotak produksinya jika dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp100 ribu per potongnya. Pesanan baju kotak-kotak ini, diperkirakan akan mengalami peningkatan menjelang Pilpres mendatang.

"Kami menjadi pelanggan Pak Jokowi, sejak beliau menjabat Wali Kota Surakarta. Beliau sering menjahitkan baju batik di Arjuna Tailor ini," kata Rahmad. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: