Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sebelas Negara Akan Ikuti Pesta Budaya Erau

Warta Ekonomi -

WE Online, Samarinda - Sedikitnya sebelas negara akan mengikuti pesta adat, seni, dan budaya Erau yang akan digelar di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, 15-22 Juni 2014 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kutai Kertanegara Sri Wahyuni di Tenggarong, Senin (21/4/2014), mengatakan sebelas negara yang akan mengikuti pesta budaya itu adalah Belanda, Italia, Hungaria, Latvia, Rusia, Kroasia, Filipina, Korea Selatan, Kolombia, Mesir, dan Bangladesh.

"Pesta adat itu akan dimeriahkan dengan partisipasi tim kesenian dari sebelas negara anggota International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Art (CIOFF)," katanya.

Sri mengatakan seluruh kontingen atau tim kesenian dari sebelas negara tersebut berjumlah 259 orang yang akan ambil bagian pada pesta budaya Erau. Kontingen dari negara-negara anggota CIOFF tersebut akan datang ke Tenggarong satu hari sebelum pembukaan atau pada tanggal 14 Juni.

Partisipasi tim kesenian dari negara-negara anggota CIOFF pada pesta budaya Erau di Tenggarong tahun ini merupakan yang kedua kalinya.

"Pada 2013, saat pertama kali dilaksanakan, dimeriahkan oleh atraksi kesenian dari delapan negara anggota CIOFF, yaitu Perancis, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Mesir, Yunani, Belgia, dan Republik Ceko," jelasnya.

Partisipasinya negara-negara anggota CIOFF pada pesta budaya Erau merupakan pertukaran dan pembelajaran seni pertunjukan. Hal tersebut bisa dimanfaatkan sebagai ajang untuk memperkenalkan Tenggarong atau Kutai Kertanegara dan budaya Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura kepada masyarakat luar.

"Melalui kegiatan ini, Kutai Kartanegara dan Tenggarong khususnya menjadi salah satu pusat kegiatan seni budaya nasional," tuturnya.

Erau adalah salah pesta budaya tertua di Indonesia yang digelar di Tenggarong. Pesta budaya ini merupakan tradisi Kerajaan Kutai Kartanegara sejak abad ke-13. (Ant)

Foto: kutaikartanegarakab.go.id

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: