Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag dan UNCTAD Gelar Simposium Bahas Agenda Pembangunan Global Pasca-2015

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) menyelenggarakan simposium dengan tema "Trade as an Engine of Sustainable Growth and Development" di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (21/4/2014). Simposium ini merupakan salah satu kegiatan perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-50 berdirinya United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD). Pembahasan utama dalam simposium ini didedikasikan pada isu-isu agenda pembangunan global pasca-2015.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, dalam sambutannya, mengatakan simposium yang berlangsung hari ini akan membahas peran penting perdagangan internasional dalam menstimulasi pertumbuhan, pembangunan, dan penciptaan lapangan kerja.

"Interdependensi global menyebabkan arus perdagangan menjadi lebih aktif, kompetitif, dan mengintensifkan keterkaitan mata rantai pasok dan produksi di satu negara dengan negara lainnya. Peningkatan intensitas global value chains (GVCs) perlu didorong untuk memberikan manfaat yang lebih memperkuat perekonomian nasional," kata Bayu.

Bayu menambahkan simposium tersebut juga bertujuan sebagai upaya revitalisasi fungsi UNCTAD dalam memberikan pendampingan dan dukungan kepada negara-negara berkembang untuk dapat memperoleh manfaat yang maksimal dari kegiatan perdagangan internasional secara adil dan berkelanjutan.

"Penyelenggaraan simposium ini tidak terlepas dari peran aktif Indonesia dalam memperjuangkan kepentingan negara-negara berkembang, khususnya melalui kerja sama selatan-selatan," tambahnya.

Dalam simposium ini hadir seluruh pemangku kepentingan di Indonesia, di antaranya Kementerian/lembaga, investor, kalangan pengusaha usaha kecil dan menengah (UKM), dan perwakilan dari beberapa negara sahabat Indonesia.

(Boyke P Siregar)

Foto: BS

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: