Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Prediksi April Deflasi 0,08-0,1 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memprediksi pada April 2014 akan terjadi deflasi sebesar 0,08-0,1 persen (bulan ke bulan) atau menurun dibandingkan pada Maret 2014 yang mengalami inflasi 0,08 persen.

"Saya secara umum bisa mengatakan sampai minggu kedua ini (bahwa) kami melihat April bisa deflasi," kata Gubernur BI Agus Martowardojo usai penandatanganan nota kesepahaman dengan pemerintah tentang pengendalian inflasi di Jakarta, Senin (21/4/2014).

Inflasi April 2014 tahunan juga diprediksi menurun dari 7,32 persen (year on year/yoy) menjadi 7,18 persen (yoy).
Estimasi deflasi April tersebut dapat tercapai apabila kondisi perekonomian di dalam negeri relatif konsisten.

BI mengamati cabai merah dan beras memberikan kontribusi yang tinggi kepada deflasi.

"Cabai merah terlihat di Jawa Timur setelah erupsi Gunung Kelud. Banyak yang menanam cabai dan membuat terjadinya koreksi harga cabai dan beras didukung oleh mulai ada panen yang melimpah," jelasnya.

Agus menambahkan bahwa selain mengendalikan inflasi agar sesuai dengan target 2014 sebesar 4,5 plus minus satu persen, pemerintah juga perlu menjaga neraca transaksi berjalan ke level yang lebih sehat.

"Secara umum Indonesia harus pelihara moneter yang ketat dan ini adalah untuk meyakini bukan hanya inflasi terjaga 4,5 plus minus satu persen tapi juga untuk mendorong terciptanya current account yang lebih sehat," ujarnya. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: