Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hatta Dukung Penambahan TPID untuk Jaga Inflasi

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mendukung penambahan Tim Pengendalian Infasi Daerah (TPID) untuk mewujudkan pencapaian sasaran inflasi dan menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok.

"Kami mendorong pemerintah daerah untuk membentuk TPID yang baru mencapai 201. Ini penting agar daerah tidak hanya memonitor inflasi, tapi proaktif untuk mengendalikan inflasi," katanya usai acara penandatanganan perpanjangan koordinasi inflasi daerah di Jakarta, Senin (21/4/2014).

Hatta menambahkan peran TPID sangat penting bukan hanya untuk menjaga inflasi, namun juga melakukan antisipasi dini apabila terjadi kelangkaan distribusi pangan yang menyebabkan kenaikan harga dan inflasi tinggi di daerah.

"TPID harus proaktif dalam melakukan tindakan dini apabila terjadi gangguan pasokan atau pun distribusi karena volatile food merupakan faktor utama di daerah yang rentan terhadap kenaikan inflasi," paparnya.

Selain itu, penguatan koordinasi serta harmoniasi kebijakan antara pemerintah dan Bank Indonesia (BI) harus selalu dilakukan sebagai antisipasi terhadap inflasi di daerah karena inflasi dapat mempengaruhi daya saing perekonomian nasional.

"Penting untuk melakukan tindakan oleh pemerintah daerah dan BI memberikan dukungan dengan memberikan informasi serta supervisi dan analisis agar kita bisa mendeteksi apa yang terjadi di perekonomian daerah," tegasnya. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: