Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Warga Kanada Lakukan Aksi Tuntut Legalisasi Ganja

Warta Ekonomi -

WE Online, Montreal - Beberapa ribu orang turun ke jalan di kota-kota terbesar Kanada seperti Vancouver, Montreal, dan Ottawa, pada Sabtu (19/4/2014) untuk menyerukan legalisasi ganja. Aksi tersebut merupakan aksi tahunan yang terjadi secara internasional setiap tanggal 20 April.

Demonstrasi itu disebut sebagai aksi 420 yang merujuk pada tanggal tersebut, yaitu 4/20 dalam format penanggalan Amerika Utara, dan kode populer untuk merujuk kepada konsumsi ganja. Selain itu, kode 420 paling sering digunakan di Amerika Utara yang dikaitkan dengan sekelompok anak muda pencinta ganja pada 1970-an yang bertemu setiap pukul 16:20.

Di setiap kota, termasuk di ibu kota, Ottawa, tempat para pengunjuk rasa berkumpul, yaitu di halaman dekat gedung parlemen terdapat kelompok musik yang memainkan musik untuk kerumunan itu. Suasananya sama dengan festival tahunan 420 untuk merayakan ganja di kota Amerika Serikat, Denver, tempat pertama pada tahun ini ganja legal untuk konsumsi sebagai hiburan.

Di Montreal barisan polisi mengepung demonstran. Sedangkan, di Ottawa dan Vancouver restoran pizza menawarkan sepotong pizza gratis untuk setiap peserta dalam aksi unjuk rasa obat terlarang yang dikenal dengan istilah "kudapan" itu.

Tahun lalu pemerintah konservatif Kanada membuka pintu untuk meringankan hukum larangan konsumsi ganja dengan mengusulkan pengalihan hukuman ke denda bagi kepemilikan skala kecil dari semula penuntutan di pengadilan. Akan tetapi, mereka tidak membahas sepenuhnya untuk mendekriminalisasi penggunaan obat terlarang itu sebagaimana telah diusulkan oleh Partai Liberal.

(Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: