Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag: Produk Kerajinan RI Harus Miliki Daya Saing

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Indonesia (Dekranas) meluncurkan program "World Crafts Council (WWC) Award of Exellence for Handicrafts" di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (22/4/2014).

WWC Award merupakan penghargaan bergengsi di tingkat internasional terhadap hasil karya pengrajin yang bertujuan mendorong para perajin untuk menciptakan karya yang unggul baik dalam segi kualitas, desain, orisinalitas, dan inovasi.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi menyambut positif penyelenggaraan WWC Award yang akan berlangsung pada 18-22 Agustus 2014 mendatang. Menurutnya, WWC Award dapat menjadi panggung bagi produk kerajinan atau handicraft Indonesia sehingga produk kerajinan tersebut mempunyai daya saing dan dapat diterima pasar baik di dalam negeri maupun luar negeri. Akhirnya, hal tersebut akan menambah kesejahteraan para perajin.

Lebih lanjut, Bayu mengatakan bahwa pada tahun ini Indonesia, yaitu Dekranas yang bekerja sama dengan Kemendag, untuk pertama kalinya dipercaya sebagai tuan rumah ajang WWC Award.

"Penunjukkan ini merupakan bentuk penghormatan dunia kepada Indonesia atas kemampuan kita dalam menyelenggarakan acara berskala internasional. Tentunya, hal ini harus kita persiapkan secara baik," jelasnya.

WWC Award akan diikuti oleh produk kerajinan dari negara-negara yang masuk dalam subregional, yaitu wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Asia Pasifik.

Sekedar informasi, World Craft Council (WWC) merupakan organisasi nirlaba terbesar yang berdiri sejak tahun 1964 di bawah supervisi UNESCO. WWC Aktif bekerja sama dengan berbagai pihak di setiap negara untuk memajukan industri kerajinan melalui pemberdayaan, pelatihan, dan juga pelaksanaan kegiatan berskala internasional guna memacu pertumbuhan kualitas kerajinan.

(Boyke P Siregar)

Foto: BS

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: