Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pefindo: Penerbitan Obligasi Tahun Ini Ramai

Warta Ekonomi -

WE Online - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menilai bahwa penerbitan surat utang (obligasi) korporasi pada tahun ini akan ramai menyusul permintaan beberapa perusahaan untuk diperingkat.

"Beberapa perusahaan meminta Pefindo untuk diperingkat untuk obligasi yang akan diterbitkan, dari beberapa perusahaan itu total nilainya sekitar Rp3--Rp4 triliun," ujar Vice President Corporate Rating Pefindo Niken Indriarsih di Jakarta, Selasa.

Per 21 April 2014, lanjut Niken Indriarsih, Pefindo sudah mendapatkan mandat untuk memperingkat obligasi korporasi sebesar Rp2,1 triliun.

"Total nilai obligasi sepanjang tahun ini sekitar Rp8,5 triliun, sementara Pefindo berhasil memberikan peringkat kepada beberapa perusahaan dengan total nilai sekitar Rp2,1 triliun," katanya.

Ia mengemukakan bahwa perusahaan yang menerbitkan obligasi itu sekitar 60 persennya dikeluarkan oleh perusahaan dari sektor keuangan.

Niken juga mengatakan bahwa Pefindo sampai saat ini sudah memberikan peringkat kepada 31 perusahaan. Sebanyak 21 perusahaan memiliki prospek 'stabil', lima perusahaan turun, tiga perusahaan baru akan dipublikasikan, dan sisanya belum dapat dipublikasikan.

Sementara itu, tercatat obligasi jatuh tempo pada tahun ini sebesar Rp39 triliun, mengantisipasi hal itu Pefindo juga sedang bersiap untuk menurunkan peringkat beberapa perusahaan jika terjadi gagal bayar.

"Diharapkan tidak ada yang gagal bayar sehingga peringkat tidak turun," ucapnya. (Ant)

Foto : SY

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: