Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mentan: Tekan Inflasi, Tanam Cabai Rawit Merah

Warta Ekonomi -

WE Online, Bekasi - Harga cabai, terutama cabe rawit merah, dalam tiga tahun terakhir berkontribusi terhadap tingginya inflasi daerah yang pada gilirannya mempengaruhi angka inflasi nasional. Oleh karena itu, pemerintah perlu mencari solusi agar cabai rawit merah tidak lagi menjadi faktor yang memengaruhi inflasi.

Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengungkapkan solusi untuk mengatasi hal tersebut pada dasarnya mudah ditemukan. Hanya saja yang diperlukan adalah kemauan dari pemerintah untuk mengimplementasikan solusi tersebut.

"Solusi untuk itu sejatinya mudah. Asalkan ada kemauan," kata Suswono saat acara "Gerakan Tanam Cabai Rawit Merah dalam Pot" di Perumahan Margahayu, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (22/4/2014).

Mentan mengatakan solusi untuk mengatasi persoalan cabai merah adalah setiap rumah menanam cabai untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya sendiri sehingga anggaran untuk membeli cabai dapat dihemat atau digunakan untuk keperluan lain.

"Manfaatkan pekarangan untuk ditanami beragam sayuran, termasuk cabai. Tidak sulit menanam cabai. Ditanam di dalam polybag pun tumbuhan ini bisa hidup dan menghasilkan asalkan dirawat," jelasnya.

Dalam acara yang digagas Gerakan Perempuan untuk Optimalisasi Pekarangan (GPOP) itu, turut hadir Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Wali Kota Bekasi Mochtar Effendi, dan perwakilan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan, serta pejabat lainnya.

(Cahyo Prayogo)

Foto: Sufri Yuliardi

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: