Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perbanas: Kultur BTN Dan Mandiri Bisa Disatukan

Warta Ekonomi -

WE Online - Ketua Perhimpunan Bank-Bank Umum Nasional (Perbanas) Sigit Pramono mengatakan kultur PT Bank Tabungan Negara Tbk dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) bisa disatukan dan potensi akuisisi akan berdampak positif terhadap kesejahteraan karyawan BTN.

"Untuk kesejahteraan karyawan, kalau tujuan baik, ya, pasti akan baik ke depannya. Saya melihat potensi akuisisi sebetulnya sangat bagus, saya sudah melihat itu waktu dulu BNI juga ingin mengakuisisi BTN," kata Sigit Pramono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Menurut Sigit, kultur Bank Mandiri jika disatukan dengan Bank BTN juga tidak akan ada masalah.

"Mandiri saja gabungan dari beberapa bank tidak ada masalah, apalagi ini (BTN)," ujar dia.

Pada dasarnya, lanjut Sigit, soal akuisisi ini merupakan kewenangan pemiliknya, yakni pemegang saham pengendali yang notabene adalah pemerintah.

"Hak-hak ini perlu dihormati. Namun, akuisisi perlu kajian lebih mendalam apa dampaknya dan harus bermanfaat," tutur dia.

Ia menilai hal tersebut wajar jika masalah akuisisi ini ramai diperbincangkan serta ada pro dan kontra. Dari segi teknis masing-masing bank mempunyai kelebihan.

"Jadi, jika BTN diakuisisi, saya rasa baik juga untuk BTN dalam kemampuan untuk menambah modalnya karena menambah modal BTN dari APBN sudah sangat sulit sekali sekarang, apalagi LDR BTN sudah tinggi," kata Sigit.

Ia menegaskan, "Intinya saat ini kita tidak perlu mencari kontroversinya lagi, tetapi mencari manfaat untuk ke depannya dengan membuat rumusan roadmap yang jelas yang harus dijelaskan kepada karyawan dan publik." Sementara itu, pengamat ekonomi Fauzi Ichsan menilai aksi korporasi yang akan dilakukan bank pelat merah tersebut menyangkut berbagai unsur, baik dari sisi unsur bisnis ekonomi, unsur kepastian hukum, politik, maupun administrasi.

"Pada prinsipnya rencana akuisisi ini akan berdampak positif bagi dua entitas tersebut, khususnya bagi BTN. Jika akuisisi ini berlangsung kesejahteraan karyawan BTN juga masih akan sama dan tidak berubah," ujarnya. (Ant)

Foto : SY

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: