Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ditetapkan Jadi Lumbung Energi, Kaltim Justru Krisis Listrik

Warta Ekonomi -

WE Online, Balikpapan - Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Timur Darlis Pattalongi mengatakan Kaltim ditetapkan sebagai lumbung energi nasional sejak tahun 2012 dan terkenal sebagai penghasil batu bara justru terkesan krisis energi, dalam hal ini energi listrik.

"Hal itu terlihat dari krisis listrik yang menyebabkan banyaknya keluhan, terutama akibat seringnya pemadaman listrik pada beberapa wilayah di Kaltim," katanya di Samarinda, Selasa (22/4/2014).

Ia mengatakan, pemadaman bergilir maupun pemadaman yang terjadi pada waktu yang cukup lama, tentu terasa aneh.

"Kaltim semestinya tidak perlu krisis energi, karena provinsi ini dicanangkan oleh pemerintah pusat sebagai lumbung energi nasional, akan sangat lucu jika ada paradox bahwa di satu sisi dicanangkan sebagai lumbung energi nasional namun di sisi lain warga Kaltim tidak menikmati energi yang memadai," ujarnya.

Darlis mengatakan, tentu secara umum kondisi ini harus menjadi perhatian pemerintah pusat, tidak hanya itu, PLN sendiri juga semestinya mengantisipasi pada situasi dan event tertentu supaya jangan sampai lampu padamu.

"Lampu jangan padam terutama pada kegiatan jam belajar siswa harus diantisipasi agar jangan sampai terjadi pemadaman listrik, terutama seperti pada saat ini ujian nasional masih akan berlangsung," kata Darlis.

Pada 4 Mei ini para siswa SMP akan mengikuti ujian nasional. Saat berlangsung momen seperti ini PLN harus benar-benar mengantisipasi agar jangan sampai listrik padam, apalagi sampai terjadi berulang-ulang dan dalam waktu lama.

Menurut dia, pemadaman listrik sangat mengganggu aktivitas belajar bagi siswa yang sedang menghadapi ujian nasional.

"Pemadaman listrik tidak sekali dua kali selalu diingatkan, sebab pemadaman bergilir tidak hanya mengganggu aktivitas belajar siswa, namun mengganggu banyak kegiatan lain yang berhubungan dengan perdagangan, perekonomian, keamanan dan yang pasti menyangkut hajat hidup orang banyak," kata Darlis. (Ant)

Foto: Ist.

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: