Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Penerimaan Cukai pada Bulan Maret Menurun

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Penerimaan negara dari cukai merosot pada bulan Maret dan akibatnya realisasi penerimaan cukai di kuartal I tahun ini di bawah target.

Direktur Penerimaan dan Peraturan Kepabeanan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Susiwijono Moegiarso mengatakan penerimaan cukai hanya mencapai Rp 6 triliun di bulan Maret. Hal ini disebabkan rendahnya penerimaan cukai rokok pada Maret. Bila pada Januari 2014 penerimaan cukai rokok menembus angka Rp 8,5 triliun maka pada Maret 2014 hanya Rp 6 triliun.

Jumlah tersebut juga tidak sampai separuh dari penerimaan cukai bulan Februari sebesar Rp 13 triliun. Realisasi penerimaan cukai bulan Maret juga di bawah target penerimaan cukai bulanan yang ditetapkan sebesar Rp 9,5 triliun.

"Realisasi penerimaan cukai di tiga bulan pertama hanya mencapai Rp 27,52 triliun. Angka ini di bawah target sebesar Rp 29,07 trilun," kata Susiwijono di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Jakarta, Selasa (22/4/2014).

Namun, ia optimis penerimaan dari cukai akan kembali naik pada bulan mendatang. Kegiatan pemilihan umum akan menjadi penopang utama yang akan meningkatkan penerimaan cukai.

(Boyke P Siregar)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: