Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkeu Tandatangani Kesepakatan Sinergi Pembinaan BLU

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MOU) dengan 19 pimpinan kementerian, lembaga, dan dewan kawasan yang membawahi badan layanan umum (BLU) untuk meningkatkan sinergi pembinaan BLU.

"Sinergi pembinaan BLU menjadi suatu hal yang sangat penting untuk mendorong perkembangan dan pertumbuhan BLU, khususnya peningkatan kualitas layanan publik," kata Chatib dalam acara penandatanganan nota kesepahaman itu di Jakarta, Rabu (23/4/2014).

Kesepakatan itu dilakukan antara Kementerian Keuangan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Kepolisian RI, Kementerian Perhubungan, Kementerian Koperasi dan UKM, Sekretariat Negara, Kementerian Pertanian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian ESDM, serta Kementerian Riset dan Teknologi.

Selain itu, Kementerian Kehutanan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perumahan Rakyat, Kementerian Perindustrian, BPPT, LAPAN, Dewan Kawasan Batam, juga Dewan Kawasan Sabang.

Chatib menambahkan sinergi pembinaan diharapkan dapat mendorong terwujudnya tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel bersamaan dengan meningkatnya pendapatan BLU. Ia menjelaskan sinergi menjadi hal penting karena dalam perkembangannya pola pengelolaan keuangan BLU sebagai konsep yang relatif baru masih menyisakan beberapa permasalahan pada tataran administrasi keuangan negara.

"Permasalahan dalam tataran administrasi keuangan negara, seperti efisiensi belanja, transparansi potensi pendapatan, dan pengelolaan atas pendapatan BLU yang bersumber dari hibah pihak ketiga," jelasnya.

Menurut Chatib, sinergi menjadi inti dari nota kesepahaman tersebut dan merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan pengelolaan keuangan BLU yang semakin baik, yaitu melalui modernisasi administrasi dan pelayanan pemerintah. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: