Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wuih...Laba Naik 3x Lipat, CFO Facebook Malah Lengser

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE ONLINE, Jakarta – Facebook mencatatkan kenaikan laba tiga kali lipat menjadi US$642 juta pada triwulan pertama 2014.

Kinerja laba yang melampaui perkiraan para pengamat itu mendongkrak nilai saham perusahaan jejaring sosial itu sebesar 2% dalam perdagangan di bursa Wallstreet, pada perdagangan Rabu (23/4/2014) waktu New York. 

Kinerja positif itu tidak lepas dari meningkatnya penggunaan perangkat bergerak (mobile) di Amerika Serikat yang untuk pertama kali melampaui pemakaian komputer pribadi (PC) untuk akses internet pada Januari silam. Mengutip data comScore, CNN Kamis WIB (24/4/2014) melaporkan, pada awal tahun ini, warga AS lebih banyak yang mengakses internet via telepon pintar dan tablet ketimbang PC.

Pada kwartal pertama 2014 ini, raksasa jejaring sosial itu membukukan hasil penjualan US$2,5 miliar, naik 72% dari periode yang sama tahun lalu. Pendapatan terbesar berasal dari iklan mobile yang memberikan kontribusi 59%, naik dari 30% pada periode yang sama tahun silam.

Pada Februari ini, perusahaan papan atas dunia yang masuk daftar Fortune 500 itu membeli layanan pesan singkat seluler WhatsApp senilai US$19 miliar. Bulan berikutnya, Facebook mengakuisisi pengembangan permainan virtual Oculus VR senilai US$2 miliar.

Kedua pembelian tersebut merefleksikan pengakuan adanya tren mulai ditinggalkannya PC untuk mengakses internet. Para pengguna internet mulai beralih ke telepon pintar dan tablet untuk berselancar di dunia maya.

"Teori untuk WhatsApp... ialah mereka di jalur untuk menggaet semiliar orang menggunakan produk mereka di masa mendatang. Tidak banyak layanan di dunia yang bisa menggaet semiliar orang,”ujar CCEO Facebook Mark Zuckerberg bulan lalu.

"Oculus juga sama. Tidak banyak perusahaan yang membangun teknologi inti yang bisa menjadi platform komputer utama di masa depan.”

Facebook juga mengumumkan Chief Financial Officer (CFO) David Ebersman akan lengser per Juni mendatang. Dia akan digantikan oleh David Wehner yang kini menduduki posisi vice president for corporate finance and business planning.

[email protected]

Foto: Ist

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Nurcholish MA Basyari

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: