Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI Perkirakan Ekonomi Sulawesi Utara Tumbuh 7,17-7,57 Persen

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) memperkirakan ekonomi daerah tersebut tumbuh sekitar 7,17-7,57 persen pada triwulan I tahun 2014.

Kepala BI Perwakilan Sulut Luctor Tapiheru di Manado, Kamis (24/4/2014), mengatakan pertumbuhan ekonomi di triwulan I itu sedikit melambat jika dibandingkan pada triwulan IV tahun 2013. Hal tersebut sejalan dengan kegiatan usaha yang cenderung menurun saat itu.

"Hal ini sejalan dengan kegiatan dunia usaha yang cenderung menurun pada triwulan I tahun 2014 dibandingkan triwulan sebelumnya," jelasnya.

Selain penurunan aktivitas usaha, adanya bencana banjir bandang awal tahun 2014 di Kota Manado dan beberapa kabupaten di provinsi tersebut turut memperlambat pertumbuhan ekonomi.

"Banjir bandang terjadi di Kota Manado dan sekitarnya pada 15 Januari 2014 diperkirakan turut menahan laju pertumbuhan jika dibandingkan pertumbuhan tahun lalu," terangnya.

Sumber pertumbuhan ekonomi dari sisi permintaan pada triwulan I tahun 2014 diperkirakan terdorong oleh beberapa faktor, yaitu peningkatan penghasilan masyarakat, kenaikan UMP 2014, pembayaran tunjangan kesejahteraan, dan persiapan pemilu legislatif.

"Faktor pendorong konsumsi di antaranya peningkatan penghasilan masyarakat, kenaikan UMP 2014, dan pembayaran tunjangan kesejahteraan, serta persiapan pemilu legislatif," paparnya.

Selain itu, Luctor memprediksi investasi di Sulut cenderung tumbuh lambat akibat pemilihan umum. Pemilu juga memaksa para investor untuk menunggu (wait and see) sampai ada pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum terkait hasil pemilu.

"Sementara investasi diperkirakan tumbuh melambat akibat tahun pemilu sehingga investor masih banyak menunggu," pungkasnya. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: