Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Dunia: Pengelolaan Risiko Penting bagi Pembangunan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah Indonesia dituntut untuk berupaya menekan ketidakpastian dan menurunkan risiko atau tidak memperburuknya. Dengan begitu, pemerintah dapat mencegah kemunculan kelompok-kelompok tak terorganisir yang berpotensi membuat kebijakan-kebijakan tak efektif.

Demikian salah satu rekomendasi hasil laporan Bank Dunia berjudul World Development Report (WDR) 2014: Risk and Opportunity Managing Risk for Development.

Direktur WDR Norman Loayza mengatakan pengelolaan resiko secara efektif dapat membangun ketangguhan dalam menghadapi peristiwa yang menyulitkan. Pengelolaan risiko juga efektif meningkatkan pembangunan dan dapat mengurangi kemiskinan.

Norman memberi contoh beberapa negara yang telah menerapkan manajemen risikonya secara efektif. Pertama, krisis keuangan internasional yang melanda di tiga negara, yaitu Kenya, Peru, dan Indonesia. Pada tahu 1990-an ketiga negara tersebut mengalami dampak dari krisis ekonomi dunia. Akibat krisis itu, pertumbuhan ekonomi turun drastis.

"Ketiga negara itu dapat menahan dampaknya. Mereka mengembangkan sistem keuangan yang lebih konservatif sehingga inflasinya lebih rendah serta peningkatan dari cadangan devisa lebih tinggi sehingga dampaknya tidak terlalu besar," jelasnya.

Contoh lain adalah negara India yang 59% petaninya mengalami kekeringan atau musim kemarau. Musim kemarau tersebut menyebabkan hasil panen tanaman berjumlah sedikit.

"Petani-petani India melakukan inovasi dengan meningkatkan jumlah tanaman yang mempunyai nilai tinggi sehingga dampak dari musim kemarau terhadap tanaman mereka tidak menjadi besar," tambahnya.

Dari dua contoh tersebut dapat disimpulkan manajemen risiko merupakan dasar yang penting dalam menghadapi berbagai risiko.

"Persiapan diri terhadap segala peluang dan risiko sangat penting," tegasnya.

(Boyke P Siregar)

Foto: BS

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: