Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BKPM: Sejak 2010 Investasi di Indonesia Meningkat

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar mengatakan investasi di Indonesia sudah mulai masuk pada tingkat yang tinggi dan berkelanjutan.

Berdasarkan data realisasi investasi tahun 2010-Maret 2014, Mahendra mengatakan setiap triwulan terlihat kenaikan realisasi angka yang signifikan, walaupun dari segi nilainya menuju ke tingkat yang lebih stabil dan tinggi. Selain itu, sepanjang tahun 2010-Maret 2014 ditandai dengan semakin banyak proporsi investasi baru dibandingkan dengan perluasan.

Hal ini menunjukkan bukan saja kapasitas produksi untuk investasi yang ada terus meningkat, tetapi juga semakin tingginya investasi dilakukan untuk industri dan produk-produk baru.

"BPKM akan terus mendorong terjadinya perbaikan iklim investasi di Indonesia dan pelayanan investasi terus ditingkatkan," kata Mahendra di Kantor BKPM, Jakarta, Kamis (24/4/2014).

Mahendra mengatakan pembentukan instansi penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu di bidang Penanaman Modal (PTSP-PM) yang saat ini sudah ada di 476 provinsi/kabupaten/kota/KPBPB akan terus didorong untuk segera dibentuk dan ditingkatkan kualitasnya.

Untuk peningkatan pelayanan investasi, BKPM sejak Desember 2013 sudah mewajibkan pengajuan permohonan secara online pembebasan bea masuk atas importasi barang modal dan bahan baku untuk kegiatan produksi.

"Mulai April 2014, BKPM juga sudah menerapkan sistem online dalam pengajuan izin Prinsip Penanaman Modal dan mulai Juni 2014 sudah merupakan keharusan. Diharapkan dengan penerapan sistem online ini pelayanan investasi dapat lebih cepat, transparan, dan akuntabel," tegasnya.

(Boyke P Siregar)

Foto: BS

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: