Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BKPM: Investasi kuartal I 2014 Naik, Penyerapan Tenaga Kerja Rendah

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi periode Januari-Maret 2014 naik 14,6%. Nilai penanaman modal menembus Rp 106,6 triliun apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 93 triliun. Namun, peningkatan investasi tidak sejalan dengan penyerapan tenaga kerja.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar mengatakan tingkat penyerapan tenaga kerja kuartal I 2014 hanya sebesar 260.156 orang yang terdiri atas proyek penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebanyak 67.697 orang dan proyek penanaman modal asing (PMA) sebanyak 192.459 orang.

Namun, Mahendra mengatakan angka penyerapan tenaga kerja tersebut merosot apabila dibandingkan periode yang sama tahun 2013, yakni sebesar 361.924 orang.

"Agak unik karena terlihat bahwa, khususnya untuk investasi PMDN, walaupun terjadi peningkatan nilai yang tinggi dibandingkan periode yang sama sebelumnya. Namun, dilihat dari segi penyerapan tenaga kerja terjadi penurunan," kata Mahendra di Kantor BKPM, Jakarta, Kamis (24/4/2014).

Mahendra menambahkan penurunan penyerapan tenaga kerja pada triwulan I-2014 disebabkan investasi PMA dan PMDN yang bersifat padat modal.

(Boyke P Siregar)

Foto: BS

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: