Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Bawang di Lampung Naik

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandar Lampung - Harga bawang merah dan bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Bandar Lampung mengalami kenaikan sekitar 40 persen menjelang Ramadan 1435 Hijriah.

Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional di Bandar Lampung, Senin (16/6/2014), selain menjelang bulan puasa, hambatan distribusi akibat cuaca buruk diduga menjadi pemicu kenaikan harga. Kenaikan harga bawang tersebut terjadi dalam empat hari terakhir dan diperkirakan akan terus merangkak naik hingga menjelang dan sepanjang Ramadan mendatang.

Harga bawang merah di Pasar SMEP Bandar Lampung untuk kualitas biasa menyentuh Rp 18 ribu per kilogram, sedangkan super mencapai Rp 20 ribu/kg. Sepekan sebelumnya, harga bawang merah di pasar tersebut masih sekitar Rp 14 ribu/kg.

Kenaikan juga terjadi pada bawang putih yang pada awal pekan ini menyentuh Rp 12 ribu/kg dari sebelumnya Rp 9 ribu/kg pada pekan lalu. Kenaikan juga terjadi pada ayam potong yang saat ini sudah menyentuh Rp 25 ribu/kg, sementara pada awal pekan lalu masih berada pada kisaran Rp 21 ribu/kg.

Beberapa konsumen yang merupakan ibu rumah tangga berharap kenaikan tersebut dapat segera diatasi dan tidak semakin membumbung menjelang Ramadan.

"Semoga tidak semakin tinggi karena saat Ramadan justru permintaan semakin meningkat," kata seorang ibu rumah tangga, Maya.

Menurut dia, pemerintah harus mampu menjamin kelancaran pasokan bahan makanan dan sayuran pada saat Ramadan. Apalagi, kondisi cuaca buruk otomatis membuat distribusi menjadi lebih lama. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: