Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag: Revitalisasi Pasar Berdampak Kenaikan Omzet Pendapatan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan terus berkomitmen untuk mempertahankan eksistensi dan daya saing peran pasar rakyat melalui program revitalisasi.

"Kami akan terus konsisten melaksanakan revitalisasi pasar rakyat guna mengubah citranya dari kesan kotor, semrawut, bau, dan gersang menjadi pasar yang bersih, tertib, nyaman, sejuk, serta lebih berdaya saing selaras dengan tumbuh berkembangnya toko modern. Diharapkan ke depannya masyarakat yang sudah berbelanja ke pasar modern/toko modern akan kembali beralih ke pasar rakyat," kata Wakil Menteri Perdagangan saat meresmikan Pasar Sebukit Rama di Mempawah, Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (18/6/2014).

Saat meresmikan Pasar Sebukit Rama, Bayu menguraikan pasar tersebut merupakan pasar percontohan pertama Provinsi Kalimantan Barat yang direvitalisasi atas kerja sama Kemendag dan Kabupaten Pontianak.

"Diharapkan dengan diresmikannya Pasar Sebukit Rama, barang kebutuhan masyarakat Kabupaten Pontianak dapat terpenuhi dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Dengan demikian, stabilitas harga barang kebutuhan pokok masyarakat dapat terjaga serta perputaran ekonomi masyarakat Kabupaten Pontianak dapat lebih berkembang," jelasnya.

Lebih lanjut, Bayu menekankan Kemendag akan terus memantau perkembangan program revitalisasi pasar, termasuk Pasar Sebukit Rama. Namun, keberhasilan pelaksanaan program revitalisasi pasar ini tentunya membutuhkan kerja sama yang sinergis dari seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah, maupun para pengelola pasar, pedagang, dan konsumen.

Dari hasil evaluasi terhadap kinerja 32 pasar percontohan yang direvitalisasi terdapat kenaikan omzet yang cukup signifikan, yaitu dengan kenaikan rata-rata 70% per tahun. Kenaikan omzet transaksi tersebut menunjukkan program revitalisasi sangat bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan para pedagang di pasar rakyat yang mayoritas merupakan pedagang mikro, kecil, dan menengah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: