Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kementan Intensifkan Pantauan Pasokan Pangan Jelang Puasa dan Idul Fitri

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Jelang hari besar keagamaan seperti bulan puasa dan hari raya Idul Fitri, pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) terus memantau stok pangan langsung ke lapangan. Hal itu diungkapkan Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Kementerian Pertanian Yusni Emilia Harahap.

"Ini suatu rutinitas di mana setiap tahun kita pasti menghadapi. Sekarang yang perlu pemerintah intensifkan adalah pemantauan terhadap pasokan pangan karena permintaan pada hari-hari besar keagamaan cenderung meningkat. Untuk itu, pasokan pangan harus dipastikan cukup dan harga stabil," kata Emilia di Jakarta, Kamis (26/6/2014).

Dalam hal melakukan pemantauan, Kementan berkoordinasi intensif dengan lintas kementerian. Beberapa hari lalu contohnya Kementan melakukan pemantauan di Bandung tepatnya di pasar pusat grosir terbesar.

"Hasilnya pasokan cukup dan harga normal sehingga pemerintah optimis kelangkaan pasokan itu tidak terjadi," tegasnya.

Demikian juga dalam mengantisipasi dampak el nino (kemarau panjang) yang akan dirasakan mulai Juli-Agustus mendatang, pemerintah sudah melakukan antisipasi sejak beberapa bulan lalu.

"Namun, hujan masih turun dan sepanjang hujan turun petani masih bersemangat untuk bertani. Tetapi, pemerintah juga melakukan pengawalan jangan sampai pada kurun waktu tertentu cuaca ekstrem sehingga mengakibatkan gagal panen," tambahnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: