Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kementan: Harga Pangan Pokok Minggu Ini Relatif Stabil

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan harga pangan pokok relatif stabil menjelang puasa dan lebaran tahun 2014. Hal itu dikatakan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Achmad Suryana dalam rapat pleno Antisipasi Masalah Distribusi dan Harga Pangan di Kantor Kementan, Jakarta, Kamis (26/6/2014).

Lebih lanjut, Suryana mengatakan bahwa meski terjadi kenaikan pada beberapa komoditas pangan, namun kenaikan tersebut masih dianggap wajar.

"Harga yang naik adalah daging ayam dan telur ayam. Kenaikan itu diakui pengusaha diperlukan untuk mendapatkan harga di atas harga pokok produksi (HPP). Jadi, harga sampai saat ini aman. Meskipun ada sedikit gejolak, tetapi gejolak itu stabil," katanya.

Jika terjadi gejolak harga, pemerintah pun sudah mengantisipasi dengan melakukan beberapa langkah yang sudah dirumuskan. Di antaranya melakukan koordinasi melalui Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID), melakukan koordinasi dengan Bulog untuk operasi pasar komoditas beras dan daging sapi, melakukan operasi pasar murah melalui dana APBD, dan melakukan kegiatan pasar murah oleh BUMN.

"Serta pemerintah juga akan meningkatkan pengamanan jalur distribusi pangan terutama komoditas ternak serta memberikan informasi tentang harga bahan pangan di tingkat pasar melalui media cetak dan elektronik," tambahnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: