Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pabrik Sharp Karawang Aplikasikan Panel Surya Setara 66.600 Watt

Warta Ekonomi -

WE Online, karawang - Pabrik PT Sharp Electronics Indonesia- Karawang telah resmi mengoperasikan sebanyak 360 Unit Solar Panel. Menggunaan panel surya ini diprediksi akan mampu menghasilkan total daya terbangkitkan sebesar 66.600 Watt, atau setara dengan membangun sebuah perkampungan kecil berisi sekitar 148 rumah tangga yang ramah lingkungan.

Menurut Masahito Matsumura, Senior General Manager Brand Strategy Group PT Sharp Electronics Indonesia, daya listrik yang dihasilkan akan dimanfaatkan untuk menyuplai sekitar 60 persen kebutuhan listrik di kantor utama SEID di Karawang. Sebelumnya di tahun 2009, SEID telah melakukan terobosan serupa dengan menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi listrik pada salah satu papan reklame SHARP yang berlokasi di jalan protokol MH. Thamrin, Jakarta Pusat dan Jl. Ngurah Rai  Tuban-Bali.

Sebagai gambaran, kata Masahito Matsumura, konsumsi listrik satu papan reklame yang berdurasi 6 jam per hari saat itu rata-rata membutuhkan energi listrik sebanyak 192.000 KWh, sebuah angka yang bahkan mampu menyalakan satu buah desa kecil.

Ia menambahakan, ini salah satu upaya Sharp dalam menjalankan bisnis yang sadar lingkungan dan kesehatan melalui gerakan hemat energi, yaitu dengan menggunakan seminimal mungkin bahan bakar fosil dan menggantinya dengan bahan bakar non-fosil yang dapat diperbaharui, seperti tenaga surya yang jumlahnya sangat tak terbatas ini. Tenaga surya adalah energi yang ramah lingkungan, mampu menghasilkan energi listrik tanpa gas buang karbondioksida.

“Sebagai salah satu perusahaan pertama di dunia yang sadar dan peduli akan kuatnya sumber energi ini, selama puluhan tahun kami turut mendedikasikan diri kepada lingkungan dengan memproduksi panel sel surya yang dimanfaatkan secara luas di seluruh dunia,” jelas Senior General Manager Brand Strategy Group PT SEID, Masahito Matsumura.

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: