Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KAI Semarang Cek Armada Hadapi Lebaran

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang mengecek kesiapan armada kereta api (KA) yang menjalani perawatan di Depo KA Poncol menghadapi masa angkutan Lebaran.

"Kami memiliki armada sebanyak 116 unit (gerbong, red.), baik kelas eksekutif, bisnis, K3 (ekonomi), K3 AC, dan KA luar dinas," kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Suprapto di Semarang, Selasa.

Ia menyebutkan sebanyak 116 gerbong itu, terdiri atas KA eksekutif sebanyak 20 gerbong, bisnis sebanyak 10 gerbong, ekonomi AC sebanyak 10 gerbong, ekonomi 38 gerbong, dan sisanya KA luar dinas.

Menurut dia, setiap armada menjalani perawatan berkala di depo tersebut sesuai yang dijadwalkan, semisal P1 yakni perawatan berkala setiap satu bulan, P3 (tiga bulan), P6 (enam bulan), hingga P12.

"Perawatan secara berkala di depo ini sudah ter-'schedule'. Di depo ini perawatannya memang bersifat bulanan, ada yang perawatan satu bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, sampai 12 bulanan," katanya.

Dengan perawatan KA secara berkala itu, kata dia, diharapkan semua armada siap dioperasikan dan tidak ada armada yang sampai menganggur atau tidak bisa digunakan untuk melayani angkutan lebaran.

"Diharapkan, saat angkutan Lebaran tidak ada gerbong KA yang 'nganggur'. Semuanya bisa dilepas (dioperasikan, red.)," kata Suprapto.

Sementara itu, Kepala Depo KA Poncol Sutono mengatakan perawatan KA dilakukan secara berkala sesuai yang dijadwalkan, termasuk untuk angkutan Lebaran diharapkan semua armada beroperasi secara lancar.

Untuk perawatan KA di Depo Poncol, kata dia, meliputi mekanik, interior, dan eksterior yang dilakukan sesuai dengan masa perawatan berkala masing-masing armada, mulai P1, P3, P6, dan P12.

"Kalau mekanik, ya seperti roda, pegas, rangka bawah. Apanya yang kurang, rusak, kami perbaiki. Kalau masanya P1, ya kami lakukan P1, kalau P3 ya kami lakukan P3, demikian seterusnya," katanya.

Namun, Sutono mengatakan secara umum kondisi armada yang dimiliki PT KAI Daops IV Semarang yang berjumlah 116 gerbong siap dioperasikan untuk membantu melayani angkutan Lebaran tahun ini. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: