Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPS: 15,51 Juta Orang Miskin Berada di Pulau Jawa

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Pusat Statistik pada Selasa (1/7/2014) kemarin telah mengumumkan angka kemiskinan per Maret 2014 dengan jumlah penduduk miskin mencapai 28,28 juta orang atau dengan persentase 11,25%. Angka kemiskinan ini naik sekitar 0,11 juta orang jika dibandingkan pada Maret 2013 yang sebesar 28,17 juta orang.

Kepala BPS Suryamin mengatakan dari sisi jumlah penduduk miskin menurut pulau maka 15,51 juta penduduk miskin masih berada di pulau Jawa. Diikuti Sumatera dengan 6,07 juta orang miskin, Sulawesi 2,1 juta orang, Bali dan Nusa Tenggara 2 juta orang, Maluku dan Papua 1,5 juta orang, serta Kalimantan dengan 0,98 juta orang.

Suryamin menjelaskan sumber data utama yang dipakai untuk menghitung tingkat kemiskinan Maret 2014 adalah Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional) Maret 2014. Dengan jumlah sampel sebanyak 75.000 rumah tangga. Sementara untuk mengukur kemiskinan itu sendiri, BPS menggunakan konsep kemampuan memenuhi kebutuhan dasar (basic needs approach).

"Dengan pendekatan ini, kemiskinan dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur dari sisi pengeluaran," urainya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: