Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Transportasi Mudik Siap Beroperasi (II)

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Lalu bagaimana dengan kereta api. Tak bisa disangkal lagi kereta api (KA) masih merupakan angkutan transportasi untuk mudik yang paling favorit. Berbagai keunggulan diperoleh kereta api dibanding angkutan transportasi lain sehingga masyarakat banyak menggunakan kereta besi itu.

Berbagai keunggulan moda kereta api antara lain mampu mengangkut penumpang dalam jumlah besar dalam satuan waktu, hemat energi, tingkat keselamatan tinggi, efisien, hingga mampu menembus jantung kota.

Melihat antusias masyarakat yang tinggi terhadap kereta api, pemerintah telah mengambil langkah antisipatif kemungkinan membludaknya calon penumpang yang ingin menggunakan kereta dalam perjalanan mudik.

Sebanyak 32 kereta api tambahan eksekutif, bisnis dan ekonomi akan disiapkan untuk mengangkut arus pemudik Lebaran 2014, disamping sudah ada 293 kereta reguler dalam upaya mengurangi beban angkutan jalan raya.

"Kapasitas kereta api akan kita tambah untuk melayani penumpang yang meningkat saat Lebaran," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Hanggoro Budi Wiryawan.

Menurutnya, kereta api saat ini masih merupakan transportasi favorit bagi masyarakat saat mudik sehingga jumlah kereta api yang diberangkatkan akan ditambah.

Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah penumpang yang menggunakan sarana kereta api Lebaran 2014 mencapai 4,48 juta orang naik 3,1 persen dibanding tahun sebelumnya 4,35 juta orang.

Untuk memperlancar angkutan kereta api selama Lebaran 2014, telah disiapkan 416 lokomotif dan 1.555 gerbong penumpang yang siap dipergunakan Selain menambah kereta penumpang, PT Kereta Api juga sudah menyiapkan dua kereta api yang digunakan untuk mengangkut sepeda motor baik kereta jalur utara maupun selatan.

"Langkah itu semua dilakukan untuk mengurangi beban jalan raya yang juga kian padat dan menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas," katanya.

Sampai saat ini, Hanggoro memastikan persiapan kereta api untuk mengangkut arus mudik dan balik dalam posisi siap.

Terkait dengan sudah selesainya jalur ganda lintas utara, dia mengatakan hal tersebut cukup membantu kelancaran perjalanan kereta api sehingga bisa lebih cepat.

Untuk kereta api jalur utara (Jakarta-Surabaya) sepanjang 727 kilometer saat ini sudah ada jalur ganda (double track) yang bisa beroperasi sehingga diharapkan bisa mempersingkat jarak tempuh.

Sementara jalur ganda selatan Cirebon-Surabaya 610 kilometer pembangunannya direncanakan beroperasi 2017. (Ant/Ahmad Wijaya)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: