Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KKP Dorong Ekspor ke Tiongkok dan Vietnam

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong ekspor beragam komoditas sektor kelautan dan perikanan ke Tiongkok dan Vietnam yang merupakan dua negara dengan jumlah peningkatan nilai ekspornya mengalami kemajuan terpesat.

"Peningkatan nilai ekspor terbesar periode Januari-Maret 2014 terjadi ke negara Tiongkok dan Vietnam," kata Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Saut Hutagalung dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (7/7/2014).

Saut memaparkan nilai ekspor ke Tiongkok mencapai 103,67 juta dolar AS atau meningkat 13,42 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2013. Sedangkan, nilai ekspor ke Vietnam mencapai 27,36 juta dolar AS periode Januari-Maret 2014 atau meningkat 32,43 persen dibandingkan periode sama tahun 2013.

"Produk ekspor yang meningkat ke Tiongkok adalah ikan bawal, ikan kerapu, rumput laut, belut, dan layur, sedangkan ekspor yang meningkat ke Vietnam adalah udang, rumput laut, kepiting, dan ikan hias," katanya.

Sebelumnya, kantor berita AFP pada Jumat (27/6/2014) melaporkan pertumbuhan ekonomi Vietnam meningkat pada semester pertama tahun 2014 yang mengindikasikan dampak kerusuhan anti-Tiongkok tidak seburuk yang dikhawatirkan.

Produk Domestik Bruto (PDB) meningkat 5,18 persen pada Januari-Juni dari periode yang sama tahun 2013 atau naik dari 4,9 persen pada periode yang sama tahun 2013. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: