Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kaltim Kerja Sama dengan Jasa Marga Bangun Jal Tol

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) terus memperdalam kerja sama dengan PT Jasa Marga dalam pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,02 km. Jalan tol ini juga diperkirakan akan mendapatkan kuncuran dana dari APBN sebesar Rp 1 Triliun.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengungkapkan pembangunan jalan tol ini akan segera ditenderkan. Selain itu, proyek jalan tol ini akan diperkuat melalui pembiayaan multiyears contract dari APBD dengan alokasi dana sebesar Rp 2 Triliun. Meskipun anggaran proyek ini melalui APBN dan APBD, tetapi Pemprov Kaltim akan terus mencari alternatif pembiayaan lain untuk mempercepat penyelesaian jalan tol tersebut.

Sementara itu, hambatan soal pengadaan lahan dalam pembangunan jalan tol ini juga sudah diselesaikan dengan persetujuan DPR.

"Sehingga pembangunan tol ini dapat segera dijalankan," ujarnya.

Menurut Awang, Bappenas juga sedang mengoordinasikan pengurusan administrasi pemanfaatan sisa loan Tiongkok sebesar US$ 65 juta untuk dapat dimanfaatkan guna menambah pembiayaan jalan tol ini. Di sisi lain, pembangunan proyek ini didukung penuh oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung.

Chairul Tanjung (CT) mengungkapkan akan segera menyelesaikan pembangunan proyek ini dan dapat segera dioperasikan untuk masyarakat Kaltim. Ia memastikan akan terus mengawal perkembangan pembangunan jalan tol dengan berbagai kemajuan kerja sama yang dilakukan.

Tim pusat juga akan dikirim ke Balikpapan untuk membahas kelanjutan pembangunan jalan tol tersebut. Tim tersebut terdiri dari para pejabat Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, Bappenas, PT Jasa Marga, dan berbagai instansi teknis terkait lainnya.

CT mengharapkan dengan adanya pembangunan jal tol ini maka perekonomian Kaltim akan tumbuh lebih cepat yang juga akan mendorong pertumbuhan sektor industri. Hal tersebut karena dengan pembangunan jalan tol ini akan menimbulkan multiplier effect yang besar di wilayah Kaltim.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alnisa Septya Ratu
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: