Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Graffiti, Bentuk Lain Protes Piala Dunia 2014

Warta Ekonomi -

WE Online, Brasilia - Perhelatan Piala Dunia 2014 sudah mencapai babak semifinal dan sejauh ini segala sesuatunya masih berjalan lancar. Aksi protes dan boikot yang sempat marak menjelang pesta sepak bola terbesar tersebut kini berangsur surut.

Meski demikian, masih ada aksi protes yang diikuti beberapa puluh orang walau tidak sampai mengganggu pertandingan karena polisi dengan jumlah lebih banyak selalu sigap beraksi untuk mengatasinya. Perhatian warga Brasil yang tadinya melancarkan protes terhadap besar biaya penyelenggaraan sekarang sudah terbagi dan malah ikut memberikan dukungan kepada tim nasional mereka yang lolos ke semifinal.

Namun, protes dalam bentuk lain masih belum pudar dan tetap menghiasi beberapa kota penyelenggara seperti Sao Paulo dan Rio de Janeiro, yaitu lukisan dinding jalanan yang juga dikenal dengan istilah graffiti. Sekelompok seniman Brasil ikut menyampaikan protes kepada FIFA sebagai pemilik hajatan Piala Dunia karena dianggap telah mengeksploitasi negeri itu serta pemerintah setempat yang tidak peduli dengan kebutuhan masyarakat miskin.

Anggaran sebesar 11 miliar dolar AS untuk membiayai pesta sepak bola empat tahunan itu menurut mereka lebih baik digunakan untuk meningkatan layanan kesehatan, pendidikan, dan perbaikan transportasi.

"Seni jalanan adalah cara yang tepat untuk mengekspos masalah negeri. Jika pemerintah tidak mau mengeksposnya itu karena mereka merasa malu. Jika mereka merasa malu, seharusnya mereka harusnya memberi perhatian lebih serius," kata seniman graffiti Paulo Ito seperti dikutip Guardian.

Di banyak negara di seluruh dunia, termasuk Brasil, graffiti sudah sejak lama dijadikan sebagai cara untuk menghiasi lingkungan sekitar dan sarana untuk menyuarakan pendapat. Ketika pelaksanaan Piala Dunia 2014 semakin dekat, graffiti pun mulai memainkan peran, baik dalam bentuk yang provokatif dan menentang atau sebaliknya menyampaikan ucapan selamat datang kepada tamu.

Masyarakat Brasil pada dasarnya sangat mencintai sepak bola, terbukti dengan antusiasme mereka saat mendatangi stadion, meski yang bertanding bukan tim nasional mereka. Tapi di sisi lain, mereka sangat terusik dengan besarnya biaya yang harus dikeluarkan dan dianggap sebagai sebuah pemborosan.

Suasana hati masyarakat Brasil tersebut ditangkap dengan baik oleh Paulo Ito yang kemudian menuangkannya melalui coretan di dinding yang menghiasi kota Sao Paulo. Tidak sekedar protes lukisan jalanan oleh Ito di berbagai sudut kota Sao Paulo mampu berbicara seribu kata dan ikut membangkitkan suasana emosi mereka yang melihat. Coretan-coretan tersebut tidak lagi sekedar bentuk protes, tapi sekaligus sebagai karya seni.

"Saya sama sekali tidak menentang Piala Dunia. Saya hanya tidak setuju dengan cara-cara FIFA. Seni jalanan ini memperlihatkan ketidakpuasan terhadap FIFA dan pertanyaan mengenai apa yang seharusnya menjadi prioritas di Brasil," kata Ito.

Ketidakpuasan Ito yang merupakan refleksi dari suasana hati masyarakat miskin di Brasil tergambar dengan jelas pada sebuah lukisan seorang anak laki-laki kurus kering dan kelaparan sedang menghadapi sebuah piring berisi bola. Di Rio de Janeiro, seniman Tiago Tosh juga menangkap sensasi antara rasa putus dan sekaligus kebanggaan masyarakat Brasil tentang Piala Dunia.

Di sebuah sudut kota, terdapat lukisan di tembok yang menggambarkan Fuleco, maskot Piala Dunia 2014, sedang membidikkan senapan laras panjang ke arah tulisan Kami Ingin Pendidikan, Bukan Represi. Lukisan ini melukiskan sebuah pendapat yang bercampur aduk.

"Saya menentang sistem yang kotor dan korup. Saya menyukai sepak bola dan sejak kecil ingin menjadi pemain sepak bola," kata Tosh.

Walau bagaimana pun, seni jalanan, sebagaimana halnya jenis seni lain, bisa menjadi alat politik dan sekaligus komersial serta menyediakan peluang bagi mereka menampilkan sebuah karya atau sebuah pendapat. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: