Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pelni: Ada Lonjakan Penumpang Karena Liburan Sekolah

Warta Ekonomi -

WE Online, Kupang - Kepala Cabang PT Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Kupang Lamson Ompusunggu mengatakan terjadi lonjakan arus penumpang mudik pada awal Juli ini karena bertepatan dengan liburan sekolah.

"Memang ada sedikit lonjakan penumpang, namun karena liburan sekolah. Untuk mudik Lebaran belum bisa dipastikan lonjakannya," kata Lamson di Kupang, Kamis (10/7/2014).

Lamson mengatakan hal itu menjawab kondisi arus mudik menggunakan jasa pelayaran laut milik PT Pelni Cabang Kupang menjelang Idul Fitri 1435 H nanti. Menurutnya, lonjakan penumpang terjadi dalam beberapa pekan untuk sejumlah rute pelayaran yang dilayani oleh empat armada milik PT Pelni karena liburan sekolah. Lonjakan itu berkisar antara 30 persen sampai 40 persen dari jumlah penumpang normal dan penyediaan kapasitas penumpang yang dimiliki untuk setiap armada dengan tipe yang berbeda itu.

Kendati demikian, kata dia, lonjakan itu masih sangat bisa ditangani oleh PT Pelni karena belum mencapai ambang batas atas penyedia kapasitas penumpang yang dimiliki empat armada milik PT Pelni itu. Dia mengatakan dari pengalaman yang terjadi, arus mudik Lebaran menggunakan armada laut milik PT Pelni dari Kupang ke sejumlah pelabuhan tujuan lainnya di dalam wilayah Nusa Tenggara Timur dan di luar daerah ini tidak terlampau tinggi.

Hal itu karena masih ada sejumlah pilihan alternatif bagi para pemudik, baik yang akan merayakan hari raya bersama keluarga di dalam wilayah provinsi kepuluan ini atau yang berada di luar provinsi. Untuk yang berada di dalam wilayah provinsi, masih ada pilihan jasa pelayaran feri milik PT ASDP Cabang Kupang serta sejumlah kapal laut lainnya. Selain itu, masih juga ada alternatif dengan perjalanan udara menggunakan pesawat terbang.

"Jadi, untuk lonjakan masih bisa diantisipasi. Paling berkisar antara 30 persen saja," katanya.

Tentang kesiapan armada untuk pelayanan mudik dan arus balik Idul Fitri 1435 H, PT Pelni Cabang Kupang menyediakan empat armada pelayaran yang saat ini sedang melayani seluruh rute perjalanan, baik di lintas pulau di dalam wilayah Nusa Tenggara Timur hingga ke luar kota besar lain di Indonesia. Empat armada kapal milik PT Pelni itu masing-masing KM Bukit Siguntang, KM Umsini, KM Awu, dan KM Wilis.

Dia menambahkan bahwa untuk kepentingan arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1435 H ini, PT Pelin Cabang Kupang mendapatkan kebijakan penambahan (dispensasi) alokasi penumpang dari pelayaran normal untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: